Ngakan Rayawan sedang memupuk tanaman cengkeh menggunakan pupuk organik Bokashi Kotaku di Dusun Batu Ngadeg, Desa Tajun, Kecamatan Kubutambahan, Kabupaten Buleleng.

Penanganan dan mencegah penyakit Jamur Akar Putih (JAP) yang menyerang Tanaman Cengkeh, tanaman yang mempunyai nilai ekonomis tinggi, karena buah yang dihasilkan sangat mendukung usaha industri yang hasilnya sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari lintas provinsi dan lintas negara.

“Jamur Akar Putih (JAP) dapat menyebabkan penyakit layu pada tanaman cengkeh dan bisa berakibat tanaman mati secara mendadak, untuk itu dapat diatasi dengan melakukan pemupukan menggunakan pupuk organik padat Bokashi Kotaku produksi PT Songgolangit Persada unit pabrik Bantas, Kecamatan Selemadeg Timur, Kabupaten Tabanan,” kata Manajer Pak Oles Green School, Ir. Koentjoro Adijanto yang akrab dsapa Yoyok.

Ia mengatakan, petani cengkeh di Kabupaten Buleleng, yang memiliki kebun cengkeh terluas di Bali telah terbukti ampuh mengatasi JAP dengan menggunakan pupuk organik padat Bokashi Kotaku untuk  mengendalikan secara fisik (menghilangkan bagian tanaman yang terserang).

Dalam mengendalikan penyakit layu tersebut perlu dilakukan usaha pengendalian dengan pemupukan bahan organik bokashi dan secara hayati untuk mengendalikan penyakit agar tidak menyebar pada tanaman sekitarnya.

Pak Yoyok menjelaskan, pemberian pupuk organik bokashi dapat meningkatkan kesehatan tanaman, karena mampu memperbaiki sifat fisik, kimia dan biologi tanah serta dapat menekan hama dan penyakit sekaligus meningkatkan mutu produksi tanaman.

Bokashi memiliki banyak fungsi bagi tanaman dan tanah, yaitu menggemburkan tanah, sehingga mempermudah penyerapan hara oleh tanaman sekaligus memperbaiki struktur tanah yang rusak atau tanah yang kritis karena hal ini berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman.

Mikroorganisms yang terdapat dalam pupuk bokashi mampu meningkatkan keanekaragaman serta aktivitas mikroba dalam tanah sehingga dapat meningkatkan unsur hara dan menunjang pertumbuhan tanaman.

Keseimbangan kesuburan lahan sangat penting untuk mengontrol keberadaan JAP. Perlakuan selanjutnya adalah dengan pemberian Trichoderma sp. yang memiliki beberapa keunggulan dalam mengendalikan jamur patogen. Serta dapat mengurangi derajat kerusakan pada tanaman cengkeh, harap Pak Yoyok.https://linktr.ee/em4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini