Dr. Wididana Motivasi Mahasiswa Indonesia di Jepang

0
106
Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr berbagi pengalaman pada webinar bertajuk "Gimanasih Cara Memulai Karir di Jepang".

Direktur Utama PT Karya Pak Oles Grup, Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr mengaku sangat bersyukur dapat diterima melanjutkan pendidikan program Pasca sarjana (S-2) di Faculty Agriculture University of The Ryukyus Okinawa Jepang.

“Setelah menyelesaikan pendidikan Sarjana (S-1) di Fakultas Pertanian Universitas Udayana, astungkara saya mendapat kemudahan beasiswa untuk menyelesaikan jenjang pendidikan S-2 selama tiga tahun (1987-1990),” kata Dr. Wididana pada Webinar yang digelar Tokyo International University (PPI) yang diikuti pelajar dan mahasiswa Indonesia di negeri Sakura.

Ia menjelaskan, pada waktu mengikuti pendidikan di Jepang, pelajar dan mahasiswa Indonesia tidak begitu banyak seperti sekarang, karena Jepang saat itu belum menjadi kiblat untuk melanjutkan pendidikan bagi nusantara.

“Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia di Jepang didirikan tahun 1988, saya ikut dan hadir pada acara itu yang jumlahnya anggota sangat terbatas, namun terus bertambah hingga menjadi banyak sekarang,” katanya.

Ia mengaku, melanjutkan pendidikan ke Jepang yang mendapat bantuan beasiswa atas rekomendasi Rektor Universitas Nasional Jakarta Sutan Takdir Alisyabana itu harus betul-betul memiliki kesiapan mental.

Melanjutkan pendidikan ke Jepang itu merupakan kesempatan emas seperti perintah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk berangkat ke Jepang melanjutkan pendidikan sebagai modal untuk menjadikan masa depan yang lebih baik dan gemilang.

Gede Ngurah Wididana yang akrab disapa Pak Oles menambahkan, setelah lulus seleksi dan melanjutkan pendidikan di Jepang menemukan banyak teman, tidak seperti di media sosial (medsos) sekarang.

Jaringan komunikasi 35 tahun yang silam hanya dimiliki oleh orang-orang tertenu, sehingga tujuan belajar ke Jepang itu harus benar-benar serius, memiliki tanggung jawab, rendah hati, kerja keras, serius agar berhasil.

Hal itu sejalan dengan nasehat tetua-tetua orang Indonesia untuk belajar, kerja keras dan hidup hemat. Semua itu dapat dijalani dengan baik dan sukses, bahkan setelah menyelesaikan studi mendapat lisensi dari guru besarnya Prof. Dr. Teruo Higa, penemu Effective Microorganisms (EM) untuk memproduksi dan menjual pupuk hayati EM di Indonesia sebagai agen tunggal.

Pupuk organik berbasis EM mendapat acungan jempol dari berbagai kalangan, menyusul produk olahan sentuhan EM yakni Minyak Oles Bokashi, minyak herbal asli Bali yang mempunyai multi khasiat untuk meringankan pegal linu, meredakan bisul, gatal dan bengkak akibat gigitan serangga serta sebagai mandi campuran rempah.

Produk berstandar Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) serta izin edar dan izin halal kini dipasarkan dan dimanfaatkan secara meluas oleh masyarakat dan konsumen di pasaran dalam dan luar negeri.

Demikian pula produk lain yang masih mengusung bokashi yakni Bokashi terapi Jasa Klinik Pijat Usada Pak Oles yang memberikan manfaat untuk memelihara dan menjaga kesehatan tubuh agar tetap prima.linktr.ee/pakolescom

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini