Suasana latihan kelas yoga Bikram, di yoga room, Jl. Letda Kajeng, Denpasar.

Direktur Utama PT Karya Pak Oles Grup, yang juga guru yoga internasional Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr menekankan, setiap orang agar mampu mendisiplinkan tubuhnya berlatih yoga agar pikirannya ikut menjadi disiplin serta tubuh menjadi sehat, kuat dan lentur.

“Kondisi tubuh yang prima seperti itu menjadikan pikiran yang sehat, mantap dan memiliki mindset tubuh,” kata Dr. Gede Ngurah Wididana yang juga penggagas dan pencipta Yoga Semberani sejak tahun 2.000 atau 23 tahun silam.

Ia mengatakan, tubuh harus terus dilatih secara disiplin, agar sehat, kuat dan lentur.
Hanya dari diri sendirilah seseorang bisa memetik hasil yang baik, melalui investasi latihan fisik, agar mental sehat kuat dan fleksibel.

Oleh sebab itu berlatih yoga secara berkesinambungan untuk mendisiplinkan tubuh dan pikiran. Sosok pria enerjik yang akrab disapa Pak Oles sejak 23 tahun yang silam, tepatnya tahun 2000 telah mengajarkan teknik-tehnik tentang pembentukan disiplin kepada karyawan perusahaan, yang berbasis obat-obatan tradisional yang merupakan terbesar di Bali.

Teknik-teknik membentuk disiplin itu disebut dengan Yoga Semberani yakni keseimbangan dan keberanian, yang orang lain tidak miliki keseimbangan pasti rebah. Misalnya anda melakukan suatu asana dengan “ekapada” yakni berdiri dengan satu kaki atau trikona berdiri harus seimbang dan kokoh, ini yang mengantarkan bahwa keseimbangan itu adalah kunci keberhasilan dan kesuksesan.

Keseimbangan menyangkut hal dalam batin, tubuh dan pikiran. Keberanian juga dapat dicapai berkat disiplin, karena yakin orang yang hanya berani saja tidak memiliki keseimbangan akan jatuh. Demikian juga orang yang memiliki keseimbangan saja, namun tidak memiliki keberanian juga akan jatuh. Jadi dua hal ini yang disebut dengan balance (keseimbangan) dan power (keberanian).

Oleh sebab itu owner sebuah perusahaan swasta nasional berbasis obat-obatan tradisional yang merupakan terbesar di Bali kini lebih mengintensifkan latihan yoga keseimbangan dan keberanian (Semberani) di empat lokasi di Kota Denpasar dan satu lokasi di Desa Bengkel Busungbiu, Kabupaten Buleleng.

Empat lokasi di Kota Denpasar, latihan yoga rata-rata dilaksanakan dua kali dalam seminggu dengan penuh semangat yakni di Kantor Pusat Jalan Nusa kambangan Denpasar, Kantor Pemasaran Produk Ramuan Pak Oles di Jalan Komodo, pabrik Produk Ramuan Pak Oles di Jalan Tukad Balian Denpasar dan Jalan Letda kajeng Denpasar.

Di pusat pengembangan Produk Ramuan Pak Oles dan pabrik pupuk hayati Efective Microorganisms (EM4) Desa Bengkel, Busungbiu, Buleleng memiliki fasilitas enam unit tempat latihan yoga yang terdiri atas tempat yoga hotroom, wantilan yoga, rooftop yoga, yoga Semberani, silent yoga dan yoga nidra.

Tempat berlatih yoga tersebut bernuansa alami, dikelilingi kebun cengkeh, duren, coklat, serta kebun bunga yang tertata rapi. Bangunan yoga tersusun bertingkat sesuai terasering lahan.linktr.ee/pakolescom

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini