Rombongan Murid TK Genius Day Care Denpasar saat melihat tanaman herbal di Pak Oles Green School, Jalan Waribang, Kesiman, Denpasar Timur.

Tujuh murid Taman Kanak-kanak (TK) Genius Day Care & Prescho Denpasar mengenal alam dan belajar menanam tanaman obat di Pak Oles Green School (POGS), Kang Zanger-Bokashi Farm, Jalan Waribang, Kesiman, Denpasar Timur, Rabu (7/6/23).

Rombongan anak-anak yang diantar empat orang guru pembimbing diterima oleh Manajer POGS, Koenjoro Adijanto yang akrab disapa Pak Yoyok. Pada kesempatan tersebut Yoyok menjelaskan terkait lingkungan serta berbagai jenis tanaman yang bisa dijadikan sebagai bahan obat tradisional.

Selain itu, anak-anak juga diajak belajar menanam berbagai jenis tanaman yang telah disediakan seperti tanaman lidah buaya dan cocor bebek. Dengan menggunakan sarung tangan plastik, anak-anak antusias dan penuh kegembiraan menanam menggunakan pupuk organik bokashi yang dimasukkan ke dalam polybag.

Selesai menanam, mereka juga diajak keliling kebun untuk melihat berbagai jenis tanaman yang ada di lahan seluas 40 are tersebut. Anak-anak juga berkesempatan memberi pakan sapi yang berada di areal belakang kebun.

Ibu Sintia salah satu guru pembimbing mengatakan, penting mengenalkan lingkungan alam sejak usia dini untuk menambah wawasan anak terkait alam lingkungan sekitar.

“Pak Oles Green School memiliki fasilitas yang lengkap untuk program belajar mengenal lingkungan bagi anak didik kami, selain belajar morfologi tanaman juga mengenal berbagai jenis tanaman yang bisa dijadikan untuk bahan obat tradisional,” ujar Sintia.

Setelah melihat dari dekat koleksi lebih dari seratus jenis tanaman obat di atas hamparan seluas 40 are dan memberi pakan sapi, anak-anak selanjutnya menikmati menu makanan di Warung Makan Kang Zanger di tengah kebun tanaman obat yang rimbun dan menghijau.
Warung makanan Kang Zanger menyajikan menu khas Sunda yakni nasi Timbel, sekaligus menghakhiri kegiatan belajar di luar kelas tersebut.linktr.ee/pakolescom

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini