Mahasiswa Politeknik Makassar Kunjungi Industri Pak Oles

0
28
Rombongan Mahasiswa Politeknik Makassar saat kunjungi Pabrik Pak Oles di Jalan Tukad Balian, Renon, Denpasar Timur.

Sebanyak 48 mahasiswa/i Politeknik Sandi Karsa Jurusan Farmasi Makassar, Sulawesi Selatan mengadakan kunjungan ke Industri Obat Tradisional (IOT) PT Karya Pak Oles Tokcer (KPOT) di Jalan Tukad Balian, Kawasan Niti Mandala Renon Denpasar, Senin (23/05) serangkaian Praktek Kerja Lapangan (PKL) selama empat hari, 20-23 Mei di Bali.

Mahasiswa semester VI itu didampingi 10 dosen pembimbing yang dipimpin Apt. Alfregs Roosevelt. S.Farm, kedatangannya diterima oleh Manajer Produksi PT KPOT Made Ayu Lidyawati didampingi Inspektorat Pemastian Mutu, Dita Rizkiyanti SSi,Msi.

Alfregs Roosevelt pada kesempatan itu menyampaikan apresiasi, terima kasih dan penghargaan atas kesempatan untuk mengadakan praktek kerja lapangan ke PT Karya Pak Oles Tokcer, sebuah perusahaan swasta nasional berbasis obat-obatan tradisional yang merupakan terbesar di Bali.

Hal tersebut akan besar artinya bagi mahasiswa kami untuk mempelajari dan mendalami proses produksi yang berstandar Cara Pembuatan Obat Tradisional Yang Baik (CPOTB).
Mahasiswa semester VI yang segera menyelesaikan pendidikan tingkat sarjana muda itu diharapkan nantinya bisa mengembangkan usaha mandiri yang berbasis obat-obatan tradisional, mengingat di Sulawesi Selatan tersedia bahan baku jamu dan obat-obatan tradisional yang cukup melimpah.

Made Ayu Lidyawati kepada tamunya menjelaskan, tentang profil perusahaan sambil menyajikan dokumenter sejarah berdirinya PT Karya Pak Oles Tokcer sejak tahun 1997 hingga perkembangannya kini selama 25 tahun.

Usaha yang dirintis Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr, alumnus Faculty Agriculture Universitu of The Ryukyus Okinawa, Jepang berupa Minyak Oles Bokashi (Bokashi Rub Oil) yang diracik dari ratusan jenis tanaman obat organik yang dikembangkan di atas hamparan seluas 6 hektar di Desa Bengkel, Busungbiu, Kabupaten Buleleng.

Obat tradisional yang ditemukan tahun 1997 merupakan warisan Pusaka Ramuan Dadong Bandung (nenek Pak Oles) Lengis Arak Nyuh, dari Desa Bengkel, daerah pesisir utara Pulau Bali, yang diproduksi secara modern dengan sentuhan teknologi Effective Microorganisms (EM).

Minyak Oles Bokashi memiliki aroma khas hasil fermentasi perpaduan antara tradisional yang diterapkan Dadong Bandung dengan teknologi EM temuan Prof. Dr. Teruo Higa, guru besar Universitas Ryukyus, Okinawa, Jepang (tempat Pak Oles menyelesaikan program S-2) yang kini menjadikan Minyak Oles Bokashi for the world. World Class Quality.

Bokashi, minyak herbal asli Bali untuk membantu meringankan pegal linu, meredakan bisul, gatal dan bengkak akibat gigitan serangga, sebagai campuran mandi rempah, guna mengurangi bau tidak sedap.

Sementara Dita Rizkiyanti sempat mengajak rombongan mahasiswa tersebut untuk melihat dari dekat proses pengolahan dan pengemasan Minyak Oles Bokashi sampai siap dipasaran.

Pabrik PT Karya Pak Oles Tokcer selain menerima kunjungan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia juga sebagai tempat kegiatan magang bagi Praktek Kerja Profesi Apoteker (PKPA) Universitas Udayana.

Puluhan mahasiswa Politeknik Sandikasa Jurusan Farmasi Makassar dalam kunjungannya selama empat hari di Bali juga mengunjungi sejumlah objek wisata sebelum kembali ke daerah asalnya. linktr.ee/pakolescom #pakoles #minyakbokashi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini