EM4 Pertanian Tingkatkan Kesuburan Tanah dan Produktivitas

0
109
Membuat pupuk organik dari limbah rumah tangga menggunakan bioaktivator EM4.

Effective Microorganisms 4 (EM4) pertanian yakni cairan yang berisi campuran berbagai jenis mikroorganisme hidup dan bermanfaat untuk memfermentasi bahan organik di dalam tanah menjadi unsur organik yang mampu meningkatkan kesuburan tanah dan produktivitas tanaman.

“EM4 pertanian sangat cocok untuk tanaman perkebunan, hortikultura, padi dan palawija, karena sifatnya ramah lingkungan dan tidak menimbulkan pencemaran,” tutur Manajer Pak Oles Green School, Ir. Koentjoro Adijanto yang akrab disapa Pak Yoyok.
Ia mengatakan, dengan sentuhan EM4 pertanian dapat melakukan berbagai jenis aplikasi antara lain membuat pupuk organik bokashi padat, pupuk bokashi cair dan membuat ekstrak tanaman obat/fermented plant extract (FPE).

Penggunaan pupuk organik bokashi padat dan pupuk organik bokashi cair dapat membantu upaya pelestarian lingkungan agar tetap asri dan terjaga dengan harapan generasi selanjutnya dapat merasakan suburnya tanah Nusantara.
Pupuk yang tepat untuk pertanian berkesinambungan adalah pupuk yang mampu menyuburkan lahan dan pertanian secara berlanjut, bukan hanya untuk satu generasi, namun bagi generasi yang akan mendatang .

Penggunaan pestisida nabati/FPE mampu menanggulangi hama pada tanaman pertanian dan mengurangi pencemaran lingkungan. Pembuatan FPE dapat dilakukan secara mudah dengan memanfaatkan tumbuhan atau tanaman seperti akar, batang, daun, buah dan bunga tanaman, terutama yang berbau khas seperti sere, liligundi, sirih, cengkeh, jahe, cabai, bawang, tembakau dan lain-lain yang direndam dengan larutan dekomposer EM4.

Pemanfaatan FPE dapat meningkatkan efisiensi dalam pengendalian hama yang relatif aman dari segi kesehatan bagi manusia dan ternak peliharaan, ramah lingkungan, murah, mudah didapatkan, selanjutnya keseimbangan alam dapat terjaga dan lestari.https://linktr.ee/em4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini