EM4 Solusi Hasilkan Tanaman Subur dan Sehat

0
138
Direktur PT Songgolangit Persada Ir. Haji Agus Urson Hadi Pramono dalam webinar bertajuk "Tanaman Subur dan Lebat Tanpa Perlu Boros Biaya" melalui aplikasi zoom.

Direktur PT Songgolangit Persada (SLP) Ir. Haji Agus Urson Hadi Pramono mengungkapkan, pihaknya menawarkan solusi bagi petani untuk memfaatkan teknologi Effective Microorganisms 4 (EM4) yang dapat diterapkan dengan mudah, murah, hemat energi, ramah lingkungan dan berkelanjutan.

“Dengan EM4 misalnya bisa membuat pupuk organik padat, pupuk organik cair maupun pestisida ramah lingkungan untuk menghasilkan tanaman yang subur, sehat dan menyehatkan,” kata Haji Agus Urson pada Pembukaan Webinar mengusung tema “Tanaman Subur dan Lebat Tanpa  Boros Biaya “ dengan pembicara utama Rizali Anshar, SST. MM, seorang Penyuluh Pertanian di Kalimantan Selatan yang juga pemilik channel youtube Penyuluh Pertanian Lapangan.

PT SLP dalam Webinar kali ini berkolaborasi dengan Rizali Anshar yang melibatkan ratusan peserta dari berbagai kalangan petani, peternak, pekebun, budidaya ikan dan udang lintas nusantara.

Agus Urson menilai, pupuk organik padat, cair maupun pestisida organik yang ditampilkan dalam tayangan video tayangan itu kualitasnya sangat baik dan cocok untuk perakaran tanaman , sehingga tanaman dapat tumbuh subur dan segar.

Selain itu dengan sentuhan EM4 juga dapat membuat  hormon untuk tanaman dari fermentasi daun-daunan atau buah-buah yang tidak dimanfaatkan lagi.

Semua proses dengan menggunakan teknologi EM itu sangat mudah, murah dan kita juga bisa membuat misalnya ekstrak dari tanaman yang mempunyai aroma keras contohnya daun liligundi   dan sebagainya.

Aroma yang sangat keras yakni pahit dan sebagainya bisa menggunakan rempah sebagai bahan membuat pestisida nabati atau pestisida organik.

Dengan demikian pemanfaatan teknologi EM diharapkan dapat membantu petani, peternak, pembudidaya ikan, udang dan berbagai kalangan sehingga dapat membudidayakan pertanian dengan biaya yang relatif murah.

Demikian pula pelaksanaannya sangat mudah, hemat energi, ramah lingkungan dan berkelanjutan, karena pertanian dengan sentuhan EM tanaman padi atau jenis tanaman lainnya  akan tubuh subur dan menyehatkan.

Oleh sebab itu pemanfaatan teknologi EM dalam bidang pertanian, perikanan dan peternakan menjadi penekanan, mengingat teknologi pertanian belakangan ini semakin memudahkan bagi semua kalangan untuk mengusahakan budidaya tanaman dan pertanian guna menghasilkan kebutuhan bahan pangan sehari-hari.

Bahkan semua umur dari anak-anak sekolah, remaja, orang tua hingga umur sepuh dapat melakoninya dengan baik, berkat teknologi yang semakin baik dan bagus untuk pembangunan bidang pertanian.

Bahkan pengembangan pertanian hidroponik dan penemuan bibit-bibit yang semakin menunjukkan keberhasilan karena tumbuh semakin tinggi sehingga mampu memberikan kemudahan kepada semua orang yang bergerak dan mempunyai kepedulian terhadap pertanian  untuk memenuhi kebutuhan pangan.

Kemudahan teknologi pertanian dan bibit yang semakin baik dari segi mutu dan tingkat pertumbuhannya memberikan kemudahan dalam mengembangkan pembangunan pertanian, karena dimanapun mau menanam tidak perlu memiliki tanah yang luas cukup pada tanah yang dimiliki di halaman, atau di pekarangan rumah.

Bahkan dengan sepetak tanah yang dimiliki, yang penting ada tanah, bahkan pertanian hidroponik tanpa tanah tanaman juga bisa hidup. Semua itu bisa memudahkan dalam pengembangan pertanian lebih konsisten dan lebih baik lagi.

Agus Urson menambahkan, budidaya pertanian dalam arti luas banyak penemuan-penemuan baru tentang pemupukan, teknologi pengendalian hama, dan lain-lainnya yang telah disosialisasikan oleh pemerintah, kalangan swasta dan pencinta pertanian.

Namun sering kali teknologi pertanian yang diperkenalkan itu membawa kosekwensi dalam hal pembiayaan sehingga membutuhkan biaya pertanian yang diperlukan cukup besar .

Atau sebaliknya teknologi pertanian yang dinilai lebih canggih atau lebih baik, namun susah diterapkan oleh petani, karena tidak semua petani menikmati pendidikan yang memadai, maupun ada teknologi yang mengabaikan unsur kesehatan manusia, khususnya petani.

Oleh sebab itu PT Songgolangit Persada menawarkan EM4 yang dapat diterapkan dengan mudah, murah, hemat energi, ramah lingkungan dan berkelanjutkan, ujar Agus Urson. https://linktr.ee/em4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini