Manfaat Minum Teh Untuk Kesehatan, Tingkatkan Metabolisme Hingga Cegah Penyakit Kronis

0
107

Teh bukan hanya minuman yang populer. Minum teh telah menjadi tradisi di banyak bagian dunia selama ribuan tahun. Di Indonesia, teh merupakan salah satu minuman yang paling digemari, baik oleh anak- anak hingga orang dewasa sebagai pecinta minuman teh dingin bahkan orang tua untuk minuman teh panas.

Begitu banyaknya orang yang gemar minum teh, saat ini banyak terdapat olahan teh yang bisa dinikmati. Ada yang dicampur dengan susu, krimer dan berbagai bahan lainnya. Meskipun banyak minuman berbasis teh yang enak dan bisa untuk nikmati, sebaiknya menyeduh teh alami yang baik untuk kesehatan. Teh asli punya manfaat yang lebih baik karena tidak mengandung tambahan gula maupun tambahan bahan lainnya yang jika dikonsumsi berlebihan tidak baik untuk tubuh.

Mengingat pentingnya minum teh, perlu juga mengetahui manfaat minum teh untuk kesehatan. Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari minum teh. Bisa juga menambahkan rempah-rempah pilihan dalam teh untuk mendapatkan manfaat yang lebih banyak lagi.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut sejumlah manfaat minum teh bagi kesehatan:

  1. Meningkatkan metabolisme

Manfaat minum teh yang pertama adalah untuk membantu meningkatkan proses metabolisme tubuh. Kandungan polifenol pada teh hitam, olong, dan teh hijau bisa merangsang pelepasan kalori dan mengurangi lemak tubuh.

  1. Anti-inflamasi

Teh juga punya kandungan anti-inflamasi. Polifenol dalam teh juga berkhasiat sebagai antioksidan yang bisa membasmi peradangan.

  1. Mengurangi risiko akibat penyakit kronis tertentu

Penyakit kronis adalah salah satu penyebab utama kematian di AS. Ternyata teh punya manfaat yang penting untuk meminimalisir risiko penyakit kronis. Karena itu, ada baiknya untuk mengonsumsi teh setiap hari dalam batas wajar.

  1. Meningkatkan sensitivitas insulin

Manfaat minum teh yang keempat untuk membantu meningkatkan sensitivitas insulin. Teh hijau dapat membantu mengurangi komplikasi akibat diabetes. Diabetes adalah masalah kesehatan yang lumayan banyak terjadi di seluruh dunia, dengan risiko komplikasi yang signifikan, kematian dini, dan kualitas hidup yang lebih buruk.

  1. Baik untuk kesehatan otak

Teh juga bisa membantu meningkatkan kesehatan otak. Konsumsi teh secara teratur dapat menurunkan risiko terkena penyakit Alzheimer dan penyakit neurodegeneratif lainnya. Meski penyebab pasti Alzheimer masih belum jelas dan belum ada obatnya, namun beberapa penelitian menyebutkan bahwa minum teh hijau dan teh hitam meningkatkan skor kognitif di antara mereka yang menderita demensia dan penyakit Alzheimer.

  1. Membantu mencegah kanker

Manfaat minum teh yang keenam yaitu dapat membantu mencegah penyakit kanker. Teh hijau memiliki kandungan antioksidan kuat yang berpotensi melawan kanker. Penelitian laboratorium dan hewan telah menemukan bahwa EGCG dapat mengurangi metastasis dan meningkatkan hasil untuk kanker payudara, paru-paru, usus besar, kulit, dan lainnya.

  1. Baik untuk kesehatan mulut

Teh juga punya khasiat baik untuk kesehatan mulut. Tidak semua minuman baik untuk kesehatan mulut. Tapi teh ternyata bisa meningkatkan kesehatan mulut. Teh mengandung fluorida dan dapat meningkatkan populasi bakteri di mulut. Ini mengurangi risiko penyakit periodontal, gigi berlubang, dan bahkan mungkin kanker mulut.

  1. Meningkatkan fertilitas

Polifenol dalam teh punya efek anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat. Karenanya, teh diyakini bisa meningkatkan kesuburan baik pada pria maupun wanita. Meskipun hal ini masih butuh penelitian lebih lanjut.

  1. Menghidrasi

Manfaat minum teh yang kesembilan untuk membantu menghidrasi tubuh. Meskipun sebelumnya dianggap bahwa teh (dan kopi) meningkatkan dehidrasi bak diuretik dan menyebabkan tubuh kehilangan lebih banyak cairan. Tapi penelitian terbaru menemukan bahwa enam hingga delapan cangkir teh sehari sama melembabkannya dengan jumlah yang sama dari air putih.

  1. Baik untuk kesehatan usus

Kesehatan usus tidak hanya dipengaruhi oleh serat dan probiotik. Penelitian menunjukkan bahwa polifenol teh bermanfaat memodifikasi bakteri usus.

Di samping manfaatnya yang beragam, teh juga memiliki rasa yang enak dan memberi efek menyenangkan saat meminumnya. Untuk mendapatkan manfaat minum teh ini sebaiknya menghindari melakukan hal-hal berikut ini.

Air yang terlalu panas

Suhu air yang digunakan untuk membuat teh memiliki dampak yang besar terhadap rasa teh tersebut. Jenis teh yang berbeda membutuhkan suhu air yang berbeda. Teh hitam adalah jenis teh yang paling tahan dengan suhu air, tetapi teh hijau, teh putih dan teh kuning akan cepat terasa pahit jika  memasukkan air yang terlalu panas. Selain itu, juga akan kehilangan aroma lembut dari teh itu sendiri.

Di sisi lain, jika airnya tidak cukup panas, rasa teh yang optimal dari daunnya tidak akan terekstrak. Kualitas dan kadar teh yang digunakan juga mempengaruhi suhu air.

Maka dari itu, penting untuk mengetahui berapa suhu yang tepat untuk menyeduh teh berdasarkan jenis teh yang diminum. Untuk teh hitam, suhu optimumnya adalah 900C ke atas, teh oolong 800C, teh hijau 700C-800C, teh kuning 700C, teh putih 600C-700C, dan teh herbal 1000C.

Ketahui dimana teh dipanen

Semakin jauh dari asalnya, semakin dimodifikasi. Teh yang dipisahkan dari daerah asalnya, keahlian dan pembuatnya akan kehilangan keasliannya. Jika teh yang dikonsumsi tidak menunjukkan desa atau kota tempat teh itu ditanam, kapan teh itu dipanen, siapa ahli tehnya dan rincian penting lainnya, kemungkinan teh tersebut telah melewati banyak perantara, pedagang besar, dan pengecer sebelum mencapai ke tempat kita. Maka dari itu, hal ini perlu diperhatikan agar teh yang diminum benar-benar berkualitas.

Selalu menambahkan gula dan susu

Teh berkualitas tinggi penuh dengan nuansa rasa. Menambahkan susu atau gula menutupi rasa dari teh itu sendiri. Selalu cicipi teh terlebih dahulu. Setelah beberapa cangkir tanpa gula, susu, atau madu, langit-langit mulut akan mulai terbiasa dan selanjutnya bisa minum teh sambil beraktivitas seperti biasa.

Hanya menyajikan teh dalam bentuk hangat

Kebanyakan orang hanya menyeduh teh dengan air hangat dibandingkan dengan air dingin. Sebaiknya  bisa mencoba cara baru untuk menyeduh teh dengan air dingin. Caranya dengan memasukkan dua kali lipat jumlah daun teh yang biasanya digunakan untuk secangkir teh ke dalam air dingin. Biarkan teh meresap selama satu jam pada suhu ruang, lalu pindahkan ke lemari es selama beberapa jam lagi. Saring daunnya dan nikmatilah!

Selain itu juga bisa bereksperimen dengan menambahkan percikan kelapa atau air soda dan topping dengan irisan jeruk atau buah beri. linktr.ee/pakolescom

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini