Villa LA02 Suguhkan Aroma Pertanian Organik Sentuhan EM

0
86
Haji Sardiman menunjukkan budidayan pertanian organik di lingkungan Villa LA02 saat menerima kunjungan tim Youtube EM Indonesia Official dari Bali.

Villa LA02 menyuguhkan aroma pertanian organik dengan sentuhan teknologi Effective Microorganisms (EM) menawarkan berbagai edukasi tanaman buah-buahan seperti jambu dan aneka jenis sayur mayur maupun hasil budidaya perikanan yang khusus diperuntukkan bagi pengunjung yang menginap di pemondokan tersebut.

Villa yang berlokasi di jalan Karaka Kecamatan Ciawi, Bogor, Jawa Barat itu memiliki fasilitas belasan kamar, dilengkapi restoran yang menyajikan menu hidangan hasil pertanian organik dari lingkungan sekitarnya.

“Berkat upaya dan terobosan yang dilakukan didasari atas kesenangan (hobi) terhadap pertanian organik pengunjung, tamu yang menginap di Villa LA02 selalu ramai, hampir tidak pernah sepi,” tutur pemilik villa tersebut, Haji Sardiman ketika menerima kunjungan tim youtube EM Indonesia Official baru-baru ini.

Villa yang dibangun pada lahan hamparan yang sangat luas juga dimanjakan dengan suasana yang sejuk khas Bogor, yakni pengunjung baik wisatawan mancanegara maupun nusantara diajak melihat dari dekat pertanian organik sentuhan teknologi EM4.

Haji Sardiman, sosok pria enerjik itu menuturkan, mempunyai usaha dalam sektor pertanian organik, kemudian dibangun fasilitas pariwisata berupa villa dan restoran dengan konsep pengembangan pertanian organik.

“Pertanian organik dan fasilitas pariwisata itu saya kolaborasikan untuk menyuguhkan suasana panorama alam sekitarnya yang khas, unik dan memiliki daya tarik bagi pengunjung,” tutur Haji Sardiman.

Tidak seperti suasana villa umumnya di tempat lain menyuguhkan hamparan rumput yang menghijau dan aneka jenis tanaman bunga-bungaan hanya untuk dinikmati suasananya tanpa memberikan manfaat dalam memenuhi kebutuhan pangan.

Oleh sebab itu konsep pertanian organik lebih dikedepankan dalam mengelola pondok  LA02 yakni lahan di sekitarnya ditata sedemikian rupa dengan berbagai jenis tanaman sayur mayur, aneka jenis buah-buahan dan kolam ikan sehingga fasilitas pariwisata itu bernuansa pertanian.

Tanaman buah-buahan yang ditanam di sekitar villa selain memberikan nuansa keindahan, kesejukan juga memberikan manfaat untuk dikonsumsi sekaligus merupakan tanaman herbal yang mempunyai khasiat untuk pengobatan suatu penyakit.

Untuk itu menanam berbagai jenis jambu yang jumlah nya mencapai 60 pohon seperti jambu merah yang mempunyai khasiat untuk meredakan penyakit demam berdarah.

Pohon jambu merah tersebut selalu berbuah tidak mengenal musim sehingga buahnya bisa dipetik setiap hari. Yang membedakan antara musim berbuah dan tidak adalah buahnya banyak di saat musim berbuah, dan buahnya sedikit ketika tidak musim.

Demikian pula tanaman sayur mayur ditanam sedemikian rupa dengan menonjolkan unsur seni dan keindahan. Semua hasil pertanian organik di sekitar villa tidak pernah dijual dan semuanya diperuntukkan bagi tamu yang menginap di villa tersebut, tutur Haji  Sardiman. https://linktr.ee/em4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini