Akar Alang-Alang Miliki Banyak Manfaat Kesehatan, Lancarkan Kencing

0
165
Akar Lalang memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan.

Sejak lama akar alang-alang dikenal masyarakat luas sebagai salah satu tanaman herbal yang banyak dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional. Tanaman dengan nama latin Imperata cylindrica bersifat anti piretik, diuretik, dan hemostatik.

Secara umum, kandungan senyawa terdapat pada bagian akar. Senyawa-senyawa tersebut antara lain manitol, glukosa, sakharosa, citric acid, malic acid, cylindrin, fernenol, coixol, arundoin, anemonin, simiarenol, damar, logam alkali, dan asam kersik.

Akar alang-alang memiliki rasa manis dan sejuk. Tanaman ini biasanya sering ditemui di ladang, hutan, perkebunan, dan sawah dengan tinggi sekitar 1-2 meter dan hampir mirip dengan padi.

Untuk mendapatkan manfaat dari akar alang-alang, cukup dengan merebusnya dan kemudian mengonsumsi air rebusan tersebut. Dilansir dari sejumlah media, berikut manfaat akar alang-alang untuk kesehatan.

  1. Obat Panas Dalam: Manfaat akar alang-alang untuk kesehatan yang paling umum adalah sebagai obat alami untuk mengatasi panas dalam. Di era modern ini juga telah banyak produk minuman penghilang panas dalam menyertakan akar alang-alang sebagai salah satu komposisinya.
  2. Obat Mimisan: Mimisan atau hidung mengeluarkan darah ternyata dapat diobati dengan akar alang-alang. Manfaat akar alang-alang untuk kesehatan ini bisa didapatkan dengan cara yang mudah.

Cukup mencuci bersih akar alang-alang, kemudian tumbuk hingga memar dan berair. Setelah itu peras sampai hanya tersisa airnya, kemudian minumlah air sari dari akar alang-alang tersebut secara rutin.

  1. Bantu Obati Asma: Selanjutnya manfaat akar alang-alang adalah dapat membantu mengobati penyakit asma. Cara membuat ramuan tradisional ini adalah dengan menyiapkan 100 gram akar alang-alang, 50 gram sirih, dan 50 gram kencur.

Rebus ketiga bahan ini hingga mendidih dengan 200 ml air. Setelah mendidih, ramuan disaring dan diminum secara rutin agar asma dapat berhenti. Namun perlu juga diketahui berbagai pantangan kegiatan dan makanan bagi penderita asma untuk mencegahnya agar tidak sering kambuh.

  1. Obat Darah Tinggi: Selain bisa dijadikan sebagai obat asma, manfaat akar alang-alang lainnya juga bisa dijadikan sebagai obat darah tinggi atau hipertensi. Hal ini tak lain berkaitan dengan zat aktif yang terdapat pada akar alang-alang yang dalam hal ini bisa digunakan untuk mengatasi kolesterol dan lemak yang menyebabkan hipertensi. Dengan mengonsumsi air rebusan akar alang-alang secara rutin, dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Selain mengonsumsi air rebusan akar alang-alang, ada baiknya pola makan juga ikut dijaga. Penderita hipertensi diharapkan untuk menghindari beberapa makanan seperti udang, melinjo, dan konsumsi garam yang berlebih.

  1. Atasi Susah Buang Air Kecil: Mengalami masalah saat buang air kecil tentu tidak mengenakkan dan sangat mengganggu kenyamanan. manun tidak perlu khawatir karena alang-alang bisa menjadi solusi atas masalah tersebut.

Cara mengonsumsinya masih sama, yaitu dengan cara merebus potongan akar alang-alang yang sudah dibersihkan dan dikeringkan. Minum air rebusannya secara rutin dua kali sehari. Jangan lupa disaring dulu sebelum diminum.

Namun kini masyarakat luas tidak perlu repot-repot mencari dan mengolah akar lalang, karena Industri Obat Tradisional (IOT) PT Karya Pak Oles Tokcer telah berhasil memproduksi teh herbal Bukit Hexon akar lalang.

Teh herbal dengan citarasa yang khas itu dalam kemasan siap saji, dengan harga yang terjangkau,dapat diperoleh di konter-konter Pak Oles di berbagai tempat di kabupaten/kota di Bali maupun kantor cabang pemasaran di berbagai daerah di Indonesia dan juga tersedia di toko online.

  1. Baik untuk Kesehatan Jantung: Manfaat alang-alang yang berikutnya adalah untuk membantu jaga kesehatan jantung. Hal ini karena akar alang-alang diketahui mengandung imperanene dan graminone B. Kedua kandungan ini berkhasiat untuk menghambat pembekuan sel darah dan mencegah terjadinya penyempitan pembuluh aorta di jantung.
  2. Mengobati Diare: Alang-alang juga bermanfaat untuk mengobati penyakit diare, baik pada orang dewasa maupun anak-anak. Caranya pun cukup mudah. Hanya dengan mencuci 250 gram akar alang-alang, dan rebuslah dengan 2 gelas air selama 15 menit. Kemudian saring airnya dan minumlah. Minumlah satu gelas segera setelah buang air besar.
  3. Bantu Obati Keputihan: Keputihan adalah salah satu masalah yang paling sering dialami oleh para wanita. Ada baiknya memang memanfaatkan obat-obatan tradisional untuk menyembuhkannya. Salah satu bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk mengobati keputihan adalah akar alang-alang.

Akar alang-alang dapat direbus bersama dengan bahan-bahan herbal alami lainnya seperti daun papaya dan pulasari. Air rebusan yang telah disaring dapat diminum secara rutin sebanyak dua kali sehari, siang dan malam. Ramuan ini dipercaya dapat mengobati keputihan dan mencegahnya muncul kembali.

  1. Bantu Atasi Kencing Manis: Manfaat alang-alang yang selanjutnya adalah sebagai obat kencing manis. Caranya, siapkan 100 gram akar alang-alang yang masih segar dan sudah dicuci bersih. Potong dadu akar alang-alang kemudian rebus bersama dengan dua gelas air.

Setelah mendidih, saring dan tuang ke dalam gelas. Konsumsi air rebusan saat masih hangat. Apabila dikonsumsi sebanyak dua kali sehari secara rutin, minuman herbal akar alang-alang ini akan membantu meredakan penyakit kencing manis. linktr.ee/pakolescom

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini