Tbk Antam-ICA Gelar Pelatihan Pertanian Terintegrasi

0
61
Tbk Antam-ICA saat mengikuti pelatihan Pertanian Terintegrasi dengan Teknologi EM di IPSA.

PT Aneka Tambang Tbk (Antam) Unit Bisnis Pertambangan (UBP) Bauksit Kalimantan Barat, berkolaborasi dengan anak usaha PT Indonesia Chemical Alumina (ICA) melaksanakan Pelatihan Pertanian Terintegrasi bagi para stakeholder yang melibatkan 21 peserta.

Sekretaris Perusahaan Antam, Syarif Faisal Alkadrie menjelaskan, kegiatan pelatihan yang dilakukan selama lima hari, 12-16 Desember 2022 dengan berbagai kegiatan, sebagai upaya meningkatkan kapasitas dalam pertanian terintegrasi.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia, khususnya bagi masyarakat di sekitar wilayah operasi.
Pengembangan SDM masyarakat sekitar merupakan komitmen Antam untuk berperan aktif dalam kemajuan peradaban, meningkatkan kesejahteraan, dan masa depan yang lebih baik.

“Hal ini sejalan dengan komitmen perusahaan pada Pilar Sinergi Unggul yang menekankan program-program untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di sekitar wilayah operasi Antam, dan kali ini pelatihan dilakukan untuk para stakeholder dari UBP Bauksit Kalimantan Barat dan ICA,” jelasnya.

Syarif Faisal menambahkan, pelatihan bioaktivator untuk proses fermentasi dan pengomposan untuk para peserta dibekali ilmu oleh para praktisi dari Institut Pengembangan Sumber Daya Alam (IPSA) Bali di Desa Bengkel, Kecamatan Busungbiu, Kabupaten Buleleng, daerah pesisir utara Pulau Dewata.

Pelatihan terkait bioaktivator untuk proses fermentasi dan pengomposan serta penggunaan Effective Microorganisms (EM4) diberikan dengan harapan nantinya masyarakat sekitar wilayah operasi dapat menerapkan dengan baik.

“Harapannya setelah dilaksanakan pelatihan, mereka akan dapat mengimplementasikan ilmu yang diperoleh, terutama dalam hal pengelolaan limbah dan sampah untuk dimanfaatkan sebagai pupuk organik bagi kelompok tani di wilayahnya,” tambah Faisal.
Faisal juga menyebut, pelatihan tersebut juga diharapkan mampu meningkatkan kerjasama dan sinergi dengan stakeholder perusahaan.

“Pelaksanaan pelatihan kali ini merupakan salah satu wujud realisasi sinergi marmoni, dimana kami mengharapkan kegiatan yang dilakukan akan mampu membina hubungan yang harmonis dengan para stakeholder,” harap Faisal.
Berdaya dan Mandiri.

PT Aneka Tambang Tbk (Antam), sebagai bagian dari MIND ID, Holding Industri Pertambangan, Antam senantiasa terus berupaya memberikan manfaat kepada masyarakat melalui program Corporate Social Responsibility (CSR).

“Kami terus berupaya mendorong masyarakat khususnya yang ada di sekitar wilayah operasi agar bisa berdaya dan mandiri, sehingga ketika nantinya kegiatan operasional Antam di daerah tersebut telah selesai, mereka akan tetap bisa bertumbuh secara berkelanjutan,” ujar Faisal.

Sementara Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot, yang hadir dalam kegiatan pelatihan tersebut menyambut baik inisiasi yang dilakukan Antam dan ICA dalam meningkatkan kapasitas stakeholder.

“Kami merasakan pelatihan ini sangat bermanfaat dan mengharapkan dari Camat, Kades dan Bumdes bisa mengamati, meniru dan memodifikasinya kelak,” katanya.https://linktr.ee/em4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini