SMK Kesehatan Bojonegoro Belajar Herbal di Pak Oles

0
62
Siswa SMK Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kesehatan Bojonegoro, Jawa Timur saat belajar di Pak Oles Green School, Jalan Waribang, Kesiman, Denpasar Timur.

Sebanyak 24 siswa/i Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kesehatan Bojonegoro, Jawa Timur melakukan kunjungungan industri ke Pak Oles Green School, Kang Zanger Bokashi Farm, Jalan Waribang, Kesiman, Denpasar Timur, Jumat (16/12/22).

Pagi itu, rombongan siswa yang ditemani 6 orang guru pembimbing diterima oleh kepala Pak Oles Green School, Koendjoro Adijanto yang akrab disapa Yoyok bersama Kepala Bagian Pemastian Mutu (Pabrik I) PT Karya Pak Oles Tokcer Apt Luh Ketut Budi Maitriani, S. Farm.

Siswa jurusan keperawatan yang terdiri dari kelas X, XI dan XII tersebut mendapat materi terkait sejarah berdiri Industri PT Karya Pak Oles Tokcer.
“Industri Obat Tradisional PT Karya Pak Oles Tokcer dirintis sejak tahun 1997 atau 25 tahun silam. Produk Pak Oles yaitu Minyak Oles Bokashi merupakan gabungan ilmu pengobatan tradisional dari nenek Pak Oles (Dadong Bandung) yang difermentasi dengan teknologi EM (Effective Microorganisms) dari Jepang. Sehingga menghasilkan produk yang mampu bersaing di skala nasional dan internasional,” ujar Yoyok.

Kepala Sekolah SMK Kesehatan Bojonegoro, Ikhwan Manap, S.Pd. yang ikut menemani anak didiknya mengatakan, kunjungan ini sehubungan dengan adanya tuntutan kurikulum bagi anak didiknya untuk melakukan Kunjungan Industri. Dimana PT Karya Pak Oles merupakan lokasi yang sangat tepat untuk siswanya belajar terkait pembuatan produk herbal yang Berstandar Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

“Disini anak didik kami bisa tahu terkait proses pembuatan sebuah produk, mulai dari proses pemanenan bahan baku obat, proses pengeringan, pengolahan hingga sebuah produk bisa dipasarkan. Dan harapannya anak didik kami memiliki bayangan bahkan bisa meniru apa yang telah dilakukan Pak Oles menjadi entrepreneur, seorang yang sukses menjalankan usahanya dengan terus mengembangkan ide yang kreatif dan inovatif juga out of the box “harapnya.

Selain mendapat materi yang cukup terkait Industri Obat Tradisional PT Karya Pak Oles Tokcer, yang disampaikan oleh Kepala Bagian Pemastian Mutu (Pabrik I) PT Karya Pak Oles Tokcer Apt Luh Ketut Budi Maitriani, S. Farm.

Rombongan tamu tersebut sempat dipandu Pak Yoyok berkeliling kebun diatas lahan seluas 40 are untuk melihat dari dekat berbagai jenis tanaman berkhasiat obat yang tumbuh subur, terawat dan dikelompokkan dengan rapi. linktr.ee/pakolescom

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini