Teknologi Fermentasi Tingkatkan Produksi dan Ekosistem

0
41
Seorang pekerja sedang membuat pakan udang yang difermentasi dengan EM4 perikanan.

Teknologi fermentasi hasil perikanan bertujuan untuk meningkatkan nilai dari produk hasil perikanan sekaligus menjadi salah satu usaha dalam memperpanjang daya simpan produk dan meningkatkan kesehatan ekosistem kolam dan tambak.

“Dari berbagai riset, probiotik terbukti sangat bagus untuk pemeliharaan air kolam dan meningkatkan pertumbuhan ikan dan udang,” kata Manajer Pak Oles Green School, Jl Waribang, Kesiman, Denpasar, Ir. Koentjoro Adijanto.

Ia mengatakan, berkat ada introduksi mikroba positif, sehingga kolam menjadi lebih sehat serta ikan dan udang menjadi lebih sehat dan kuat terhadap stress maupun menghadapi penyakit.

EM4 perikanan dan tambak, salah satu dari empat jenis pupuk hayati produksi PT Songgolangit Persada mempunyai manfaat untuk menguraikan bahan-bahan sisa pakan dan kotoran menjadi organik yang bermanfaat.

EM4 perikanan dan tambak juga mampu menekan mikroorganisme patogen dan memperbaiki mutu air sehingga pertumbuhan ikan dan udang menjadi sehat dan cepat besar.

EM4 perikanan dan tambak dalam kemasan satu liter botol warna pink juga dapat menekan hama dan penyakit yang terdapat di dalam tambak, ujar Koentjoro Adijanto yang akrab disapa Pak Yoyok.

Untuk jelasnya mari kita ikuti bersama Webinar gratis mengusung thema “Teknologi Fermentasi untuk Budidaya Perikanan” pada hari Selasa, 20 Desember 2022 Pukul 09.00 WITA/ 10.00 WIB, pendaftaran melalui link www.s.id/perikanan-ipsa Meeting ID: 953 5527 4651 Password : IPSABALI.

Webinar tersebut menampilkan tiga pembicara terdiri atas Dr. Senny Helmiati, S.Pi, MSc, dosen Program Studi Akuakultur Fakultas Pertanian Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta dengan kertas kerja “Pakan ikan alternatif dengan teknologi farmasi”.

Selain itu juga tampil Indah Istiqomah, S.Pt, M.Si, Ph.D, dosen Program Studi Akuakultur Fakultas Pertanian UGM dengan makalah “Probiotik untuk perbaikan mikrobiom air budidaya ikan” dan Direktur Utama PT Songgolangit Persada, Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr materi berjudul Teknologi EM untuk perikanan”.https://linktr.ee/em4 #EM4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini