EM4 Pertanian Fermentasi Bahan Organik Sehatkan Tanah

0
17
Ir. I Gusti Ketut Riksa Staf Ahli PT. Songgolangit Persada menunjukkan produk EM4 untuk pertanian.

Pupuk hayati Effective Microorganisms4 (EM4) pertanian mengandung bakteri fermentasi dari genus Lactobacillus yang mampu memfermentasi bahan organik sehingga dapat menghasilkan nutrisi yang mampu menyuburkan tanaman dan menyehatkan tanah.

“Petani dan masyarakat luas agar senantiasa menggunakan EM4 pertanian untuk mendukung pembangunan pertanian di kota maupun di desa,” kata Staf Ahli PT Songgolangit Persada, Ir. I Gusti Ketut Riksa.

Ia mengatakan, EM pertanian, salah satu dari empat jenis pupuk hayati, tiga jenis lainnya adalah EM4 Peternakan, EM4 perikanan dan EM4 limbah untuk mengatasi pencemaran lingkungan.

PT Songgolangit Persada yang memproduksi EM4 tersebut merupakan agen tunggal di Indonesia, yang satu-satunya mendapat lisensi dari Effective Microoorganisms Research Organization (EMRO) Jepang.

EM4 pertanian, salah satu dari empat jenis produk PT Songgolangit Persada untuk mendukung pengembangan pertanian berkelanjutan, yang mampu memperbaiki sifat fisik dan biologi tanah.

“Petani dan seluruh masyarakat luas mari kita gunakan pupuk organik agar alam tetap lestari dan generasi penerus dapat menikmati suburnya tanah nusantara,” harap Gusti Ketut Riksa, yang juga instruktur EM Institut Pengembangan Sumber Daya Alam (IPSA) Bali yang kini berubah status menjadi Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) Bali di Desa Bengkel, Busungbiu, Kabupaten buleleng.

EM4 pertanian dalam kemasan botol satu liter warna kuning itu mampu meningkatkan produksi tanaman, menjaga kestabilan produksi dan menyediakan unsur hara yang dibutuhkan tanaman.

EM4 pertanian juga dapat dimanfaatkan untuk memfermentasi dan mendekomposisi bahan organik tanah dengan cepat (bokashi). EM4 sangat cocok untuk tanaman perkebunan, hortikultura, padi, palawija karena sifatnya yang tidak beracun dan tidak menimbulkan pencemaran.

EM4 pertanian itu juga dapat dilakukan berbagai jenis aplikasi antara lain untuk membuat pupuk bokashi padat, membuat bokashi cair, membuat ekstrak tanaman obat (FPE) maupun membuat EM aktif, ujar Gusti Ketut Riksa. linktr.ee/pakolescom #songgolangitpersada #EM4.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini