Effective Microorganisms (EM4) perikanan mampu memperbaiki jasad renik di dalam saluran pencernaan ikan sehingga kesehatan ikan menjadi baik, pertumbuhannya semakin cepat dan tidak mudah stress.

Petambak ikan bandeng (Chanos Chanos) Dul Hadi di Dampyak, Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah melakukan penambahan probiotik EM4 terhadap pakan ikan.

Ia mengatakan, penambahan EM4 perikanan terhadap pakan ikan memberikan manfaat untuk meningkatkan keberadaan jumlah bakteri yang masuk kesaluran pencernaan.
Bakteri tersebut akan mensekresikan enzim-enzim seperti protease dan amylase di dalam saluran pencernaan, sehingga pertumbuhan ikan menjadi lebih cepat, berkat penambahan probiotik dalam pakan, tutur Dul Hadi ketika menerima kunjungan tim youtobe PT Songgolangit Persada dari kantor Pusat di Denpasar, Bali, baru-baru ini.

Pemberian EM4 terhadap pakan ikan akan mempengaruhi efisiensi dalam pemanfaatan pakan oleh ikan, menyebabkan semakin baik metabolisme dalam tubuh ikan, sehinga nafsu makan meningkat.

Kondisi tersebut berpengaruh terhadap meningkatnya daya tahan tubuh ikan terhadap pengaruh lingkungan sekitarnya sehingga semakin baik terhadap mortalitas lebih rendah, tutur Dul Hadi.linktr.ee/pakolescom #EM4

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini