Budidaya Ikan Sentuhan EM Villa LA02

0
129
H Sardiman sedang memberi pakan ikan yang telah difermentasi dengan EM4.

Pengembangan budidaya perikanan dengan sentuhan Effective Microorganisms (EM4 pada tujuh kolam di Villa LA02 Jalan Karaka, Kecamatan Ciawi, Bogor, Jawa Barat ditata sedemikian rupa dengan pertanian organik sayur mayur dan buah-buahan di sela-sela bangunan kamar penginapan.

“Kolam ditebari dengan bibit ikan nila dan jenis ikan lainnya atas dasar kesenangan (hobi) dan hasilnya khusus untuk konsumsi para tamu yang menginap di villa tersebut,” kata Pemilik Villa tersebut Haji Sardiman ketika menerima kunjungan tim youtube EM Indonesia Official baru-baru ini.

Villa  LA02 tersebut sebelumnya adalah lahan sawah dengan tanaman padi yang telah diolah sedemikian rupa untuk menjadi kebun dan kolam organik. Dalam pemeliharaan ikan pada tujuh kolam tersebut juga ada yang menggunakan sistem jaring, karena jenis ikan yang ditebarkan berbeda.

Semua ikan piliharaan itu diberikan pakan ikan yang sebelumnya dicampur dengan EM4 perikanan. Pakan ikan sebelum ditaburkan ke kolam dimasukkan dulu ke dalam ember lalu larutkan dengan air dan EM4 perikanan.

Setelah 1-2 jam kemudian pakan yang sudah meresap dengan air dan EM4 perikanan secara merata selanjutnya ditaburkan di atas permukaan kolam.

Cara mengaplikasikan EM4 perikanan ke pakan ikan, dengan dosis yang dianjurkan adalah 1-1,05 cc per liter air, kemudian disiram ke pakan dengan kadar air 30 persen, didiamkan selama 1-2 jam sebelum diberikan ke ikan di kolam,

“Memang yang tadinya saya tidak kasi EM4 karena makananya alami, memang perkembangnya agak lambat, namun setelah saya beri pakan ikan dicampur dengan EM4 pertumbuhan ikan cukup signifikan,” tutur Haji Sardiman. https://linktr.ee/em4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini