Latih Kelompok Tani Buat Pupuk Bokashi Sentuhan EM

0
133
Tim marketing EM Jakarta saat berkunjung ke Villa LA02 di kawasan Ciawi, Bogor.

Pembinaan kepada petani dan kelompok tani di Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat dilakukan secara berkesinambungan, dengan melatih mereka membuat pupuk bokashi padat dan bokashi cair dengan sentuhan Effective Microorganisms4 (EM4).

“Semua itu untuk mendukung pengembangan pertanian organik dan membantu petani, peternak maupun pembudidaya ikan menekan biaya produksi agar mereka memperoleh keuntungan dari usaha yang mereka digeluti,” kata M.Zakky Husein, karyawan PT Songgolangit Persada unit Bogor.

Ia mengatakan, dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada di sekitar petani yakni sampah-sampah organik, limbah pertanian dan kotoran ternak dapat difermentasi dengan sentuhan EM menjadi pupuk organik yang bermutu.

Untuk itu pihaknya senantiasa melakukan temu lapang dengan petani, peternak dan pembudidaya ikan serta melakukan tanya jawab menyangkut masalah-masalah yang dihadapi petani di lapangan.

Dengan cara dan informasi yang diberikan diharapkan petani, peternak dan pembudidaya ikan dengan cepat dapat menyelesaikan masalah yang dihadapi serta memberikan hasil maksimal terhadap usaha tani yang digelutinya.

M.Zakky Husein menjelaskan, penyuluhan dan pembinaan tentang penggunaan EM4 juga diberikan kepada pencinta tanaman, terutama ibu-ibu dari kalangan rumah tangga yang menggeluti usaha pertanian lahan sempit di rumah tangga masing-masing atau lahan-lahan yang ada di sekitarnya.

“Semua itu diarahkan untuk menggunakan pupuk organik yang bisa memanfaatkan sampah organik rumah tangga, sisa-sisa makanan, air cucian beras yang difermentasi dengan EM4 dalam waktu seminggu dapat dimanfaatkan untuk menyuburkan tanaman,” tutur M.Zakky Husein. https://linktr.ee/em4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini