Kebun Herbal Jadi Objek Wisata Pertanian Organik

0
45
Sejumlah wisatawan mancanegara berkunjung ke kebunn tanaman obat Pak Oles, di Desa Bengkel, Busungbiu, Buleleng.

Lahan yang berundag-undag (terasering) pada hamparan yang cukup luas ditata sedemikian rupa, ditanami ratusan jenis tanaman herbal berkhasiat obat sehingga lingkungannya menjadi hijau dan lestari.

Pengembangan tanaman herbal di Desa Bengkel, Kecamatan Busungbiu, Kabupaten Buleleng itu yang dirintis pakar pertanian organik, Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr yang akrab disapa Pak Oles adalah kebun herbal terbesar dan terlengkap di Pulau Bali.

Kebun di atas hamparan seluas tujuh hektar itu menyatu dengan Pabrik Minyak Oles Bokashi yang bernaung di bawah PT Karya Pak Oles Tokcer, pabrik Effective Microorganisms (EM) PT Songgolangit Persada, gedung dan villa Institut Pengembangan Sumber Daya Alam (IPSA) menjadi kawasan industri Herbal Pak Oles.

Perpaduan sawah, lembah, bukit dan pegunungan yang menghijau sepanjang mata jauh memandang merupakan panorama alam yang menambah daya tarik Desa Bengkel, Kecamatan Busungbiu, Kabupaten Buleleng sekitar 75 km barat daya Kota Denpasar.

Objek wisata pertanian organik yang dirintis sejak tahun 1997, atau 25 tahun yang silam diharapkan semakin menarik bagi wisatawan dalam dan luar negeri, setelah Villa IPSA berkolaborasi menjadi tempat berlatih yoga bertaraf nasional dan internasional.

Direktur Utama PT Karya Pak Oles Grup, Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr yang juga Instruktur Yoga Internasional akan menggelar Semberani Yoga School bertajuk “Awakening Power and Balance Energy” yakni Membangkitkan Energi Kekuatan dan keseimbangan.

Lokakarya online Yoga Semberani tersebut akan digelar hari Kamis, 15 Desember 2022 mulai pukul 19.30-21.00 WIB dan mereka yang berminat diharapkan segera mendaftarkan diri lewat WA 081237095453.

Villa IPSA yang didukung alam pertanian yang indah mempesona dan sarana infrastruktur yang tersedia, berupa bangunan aula, pendopo untuk berlatih bersama, dan ruang terbuka, yang bisa menampung orang berlatih yoga sebanyak 300 orang.

Villa IPSA menjadi tempat yang ideal berlatih yoga bersama. Uji coba latihan yoga bersama telah dilakukan pada pertengahan Oktober 2022 dan sukses dalam acara International Yoga Event, yang mendatangkan peserta dan guru yoga dari daerah Buleleng, Denpasar, Tabanan dan Banyuwangi.

Guru yoga dari inggris Ian Terry, pendiri sekolah yoga FX aliran Bikram. Keberhasilan International Yoga Event tersebut melahirkan ide-ide baru dari Pak Oles untuk mengembangkan Villa IPSA sebagai pusat berlatih yoga di Buleleng secara nasional dan internasional.

Upaya itu telah disertai dengan membuat jadwal latihan bersama, workshop, seminar dan retret yoga. Untuk itu Pak Oles membuat kerja sama pelatihan yoga bersama secara reguler dengan organisasi praktisi yoga yang ada di Bali, akan mulai aktif pada Januari 2023.

Kebun herbal dan villa IPSA yang menyatu dalam satu kawasan dengan bentangan bukit yang menghijau mengoleksi ratusan jenis tanaman herbal sebagai bahan baku memproduksi Minyak Oles Bokashi, berbagai jenis Produk Ramuan Pak Oles dan bahan baku teh herbal.

Wisatawan dalam dan luar negeri yang mengunjungi kebun herbal sekaligus dapat bergabung untuk menikmati latihan yoga yang digelar secara rutin setiap Sabtu dan Minggu. linktr.ee/pakolescom

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini