Dr. Wididana: Pertanian Strategis Lanjutkan kehidupan

0
58
Seorang pekerja sedang membersihkan gulma pada tanaman cabai dikawasan Renon, Denpasar.

Seorang pakar pertanian organik, Dr. Ir. Gede ngurah Wididana menilai, pembangunan sektor pertanian mempunyai peranan sangat strategis untuk melanjutkan kehidupan menyangkut berbagai aspek.

“Pembangunan dan pengembangan pertanian organik harus terus dipacu untuk menghasilkan produk-produk andalan yang mampu mengangkat derajat kehidupan masyarakat setempat,” kata Dr. Wididana yang juga Direktur Utama PT Songgolangit Persada pada Webinar zoom “Praktisi Mengajar Pengembangan Pertanian Perkotaan” dihadapan mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Nasional (Unas) Jakarta, baru-baru ini.

Dr. Wididana yang juga akademisi Universitas Nasional Jakarta dalam mata kuliah yang dipandu dosen Unas Ir, Inkorena GS Sukartono, M.Agr itu, pihaknya mengaku senantiasa terus berpikir memajukan pertanian organik sehingga ada usaha bisnisnya dan terus berkembang.

Korea misalnya dalam memacu pembangunan pertanian dikenal dengan hasil ginsengnya dan Jepang dikenal dengan produksi teh hijaunya.
Sedangkan Indonesia dalam pembangunan pertanian selama 30 tahun terakhir banyak hal yang dapat dilakukan untuk melanjutkan kehidupan, cara hidup, bertahan hidup dan agar seterusnya bisa hidup.

“Bagaimana cara mencari makan, makan yang benar harus efisen, bahkan di kulit pisangpun mengandung mineral yang bisa diolah dan dimanfaatkan serta mampu beradaptasi dengan lingkungan sehingga manusia itu dituntut untuk terus belajar selama hidupnya,” ujar Dr. Wididana.

Alumnus Faculty Agriculture University of The Ryukyus, Okinawa Jepang itu mengingatkan, manusia terus belajar untuk memperbaiki diri, karena di kotapun bisa mengembangkan pertanian dengan menggunakan media pot, limbah organik daur ulang untuk menghasilkan bahan pangan.

Mengembangkan budidaya ikan lele memanfaatkan limbah organik rumah tangga untuk pakan ikan lele yang nantinya bisa dipanen untuk kebutuhan rumah tangga sehari-hari.
Bahan pangan yang diproduksi sendiri dalam lingkungan rumah tangga akan mampu mewujudkan kehidupan yang damai dan bahagia, dengan mengkonsumsi makanan yang sehat, ujar Dr. Wididana.linktr.ee/pakolescom #EM4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini