Pemberian Air Minum-EM4 Tingkatkan Kesehatan Ternak Ayam

0
353
Seorang pekerja sedang menuangkan EM4 pada penampungan air minum ternak ayam pedaging.

Pemberian Effective Microorganisms 4 (EM4) Peternakan dalam air minum ternak ayam mampu memperbaiki jasad renik (mikroorganisme) di dalam saluran pencernaan ternak, sehingga kesehatan ternak ayam meningkat, tidak mudah stres dan bau kotoran berkurang.

“Berdasarkan penelitian pada ayam broiler pemberian probiotik EM4 pada level 0,5-1,5 ml/1 liter air minum mampu meningkatkan bobot potong, bobot karkas, dan persentase karkas,” kata Manajer Pak Oles Green School, Jl Waribang, Denpasar Timur, Ir. Koentjoro Adijanto.
Ia menjelaskan, pemanfaatan probiotik mendukung perkembangan mikroba yang menguntungkan dan menekan pertumbuhan bakteri patogen dalam saluran pencernaan.

Pemberian probiotik memiliki manfaat yakni untuk meningkatkan pertumbuhan, kemampuan pencernaan pakan, meningkatkan daya tahan tubuh, dan meningkatkan pertumbuhan mikroba yang menguntungkan.

Dengan bertambahnya populasi mikroorganisme yang menguntungkan dalam usus ternak ayam, dapat mempengaruhi metabolisme ternak sehingga produktivitas ternak lebih baik.

kandungan lemak lebih rendah, sebab probiotik dapat meningkatkan metabolisme energi (ME) dan Total Digestible Nutrien (TDN) sehingga keseimbangan antara protein dan energi lebih bagus.

EM4 peternakan juga dapat mutu daging ternak ayam, memperbaiki kesuburan ternak, memperbaiki mutu kotoran ternak dan mengurangi jumlah kematian ternak, EM4 pelopor probiotik untuk peternakan.https://linktr.ee/em4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini