Kebun Buah Sentuhan EM Untuk Objek Pariwisata

0
55
Tasikhin, pengelola Edupark Rodjo Tani Ternak (Tater) Desa Bogares Kidul, Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

Hamparan lahan seluas dua hektar itu ditata sedemikian rupa ditanami puluhan jenis tamaman buah-buahan yang mempunyai nilai ekonomis tinggi, menambah keindahan dan kelestarian lingkungan dengan harapan mampu sebagai tempat kunjungan wisata (agrowisata) dan edukasi tentang pertanian.

Puluhan jenis tanaman buah-buahan ditanam secara rapi dan teratur sehingga tampak indah dan menghijau dengan sentuhan Effective Microorganisms (EM), teknologi yang mudah, murah, hemat energi, ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Tanaman buah-buahan yang dikembangkan sejak setahun yang lalu itu antara lain, jenis tanaman jeruk, pisang, durian, kelengkeng, pepaya dan berbagai jenis tanaman buah-buahan lainnya, tutur Tasikhin, pengelola Edupark Rodjo Tani Ternak (Tater) Desa Bogares Kidul, Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah ketika menerima kunjungan tim youtube PT Songgolangit Persada dari kantor Pusat di Denpasar, Bali, baru-baru ini.

Berbagai jenis tanaman buah-buahan tersebut dipelihara dan dirawat dengan baik, menggunakan pupuk organik, hasil olahan sendiri sentuhan EM4 pertanian produksi PT Songgolangit Persada.

Pupuk organik padat dan cair hasil fermentasi menggunakan EM4 pertanian itu berasal dari limbah-limbah organik, kotoran ternak sapi, kambing serta limbah dari lingkungan sekitarnya.

Manfaat yang diperoleh dari pemupukan menggunakan bahan dasar EM4 berupa bokashi padat dan bokashi cair, tamanan pepaya misalnya tubuh subur dan buah yang matang memiliki rasa manis.

Demikian pula tanaman buah-buahan lainnya seperti jambu air dan jambu kristal buahnya ukuran besar-besar dan yang sedang ditunggu-tunggu hasilnya adalah buah durian.
“Mudah-mudahan kebun buah-buahan itu tahun depan bisa dibuka untuk masyarakat umum sebagai objek wisata dan tempat edukasi (pendidikan) bagi pelajar,”harap Tasikhin.

Pihaknya memberikan kesempatan kepada pelajar dari semua jenjang pendidikan untuk belajar bersama tentang bagaimana berkebun tanaman buah dengan memanfaatkan pupuk organik yang ramah lingkungan.

Hasil kebun buah-buahan seperti pisang, pepaya dan lain sebagainya selama ini banyak dibeli pedagang yang kemudian dijual kembali di pasar. Sedangkan pengunjung yang datang kami beri kesempatan untuk mencicipnya seperti buah jambu kristal, pepaya dan markisa.

Pengunjung selain mencicipi aneka jenis buah-buahan yang dihasilkan kebun organik itu juga ada yang membeli untuk dibawa pulang ke rumahnya masing-masing dengan harga yang telah ditentukan.

“Mari kita bersama-sama menanam berbagai jenis pepohonan buah-buahan sebagai upaya menjaga ketahanan pangan untuk diri sendiri beserta keluarga dan untuk belajar silahkan datang ke kebun Edupark Rodjo Tani Ternak (Tater) Desa Bogares Kidul, Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah sekaligus berwisata.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini