Jaringan Itu Apa?

0
53
Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M. Agr Direktur Utama PT Karya Pak Oles Grup.

Oleh: Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr *)

Manusia adalah mahluk individu dan mahluk sosial. Sebagai mahluk individu, dia bersifat tersendiri, memiliki privasi, tujuan sendiri, gaya sendiri dan ego sendiri. Sebagai mahluk sosial, dia hidup berkelompok, memiliki keluarga, komunitas, dan kehidupan sosial lainnya.

Keseimbangan hidup manusia sebagai mahluk sosial dan mahluk individu harus dicapai, agar tidak terkucilkan karena sifat egoisnya, dan tidak bingung karena sifat sosialnya.

Untuk berhasil, manusia harus bisa berpikir individu guna mewujudkan tujuannya dengan segala potensi yang dimilikinya, serta harus bersifat sosial bagi bekerja sama, berbagi, saling menguatkan.

Sebagai mahluk individu manusia harus terus belajar dan fokus pada tujuannya. Sebagai mahluk sosial, manusia harus berteman, bergaul, berkelompok dan berjaringan.

Jaringan maksudnya adalah pertemanan, kekerabatan, alumni, persekutuan, persaudaraan, organisasi, dan sebagainya, yang melibatkan kelompok/antar individu untuk berinteraksi, bertukar informasi, berbagi, dan saling membantu.

Kunci bisnis agar berhasil adalah memiliki jaringan yang kuat, dan menyebar luas. Semakin luas jaringan seseorang atau organisasi, maka kemungkinan berhasil menjadi semakin tinggi. Untuk memiliki jaringan, seseorang harus membuat dan mencari jaringan, masuk ke dalam jaringan -jaringan lain, agar semakin luas.

Untuk mampu berhasil membentuk dan memasuki jaringan, seseorang harus memiliki jiwa pelayanan, pengorbanan, sehingga dia bisa diterima di dalam jaringan. Nama baik, catatan pribadi (track record) yang baik, tidak cacat (misalnya jujur, tulus, mandiri, berani dan rela bekerja maksimal, merupakan modal kuat untuk memperluas jaringan.

Jika anda ingin berhasil dalam mengembangkan usaha, organisasi sosial, maka miliki dan buatlah jaringan yang kuat dan luas. Semuanya melalui proses, tidak ada yang instan.linktr.ee/pakolescom

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini