Villa IPSA Membangun Studio Yoga

0
53
Sejumlah orang sedang melakukan gerakan yoga di Villa IPSA di Desa Bengkel, Kecamatan Busungbiu, Kabupaten Buleleng.

Oleh: Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana *)

Brand baru disematkan Villa Institut Pengembangan Sumbr Daya Alam (IPSA) Desa Bengkel, Busungbiu, Kabupaten Buleleng, Bali utara, menjadi tempat berlatih yoga bertaraf nasional dan internasional.

Villa IPSA yang didukung alam pertanian yang indah mempesona dan sarana infrastruktur yang tersedia, berupa bangunan aula, pendopo untuk berlatih bersama, dan ruang terbuka, yang bisa menampung orang berlatih yoga sebanyak 300 orang.

Villa IPSA menjadi tempat yang ideal berlatih yoga bersama. Uji coba latihan yoga bersama dilakukan pada pertengahan Oktober 2022 dan sukses dalam acara International Yoga Event, yang mendatangkan peserta dan guru yoga dari daerah Buleleng, Denpasar, Tabanan dan Banyuwangi.

Guru yoga dari inggris Ian Terry, pendiri sekolah yoga FX aliran Bikram. Keberhasilan International Yoga Event tersebut melahirkan ide-ide baru dari Pak Oles untuk mengembangkan Villa IPSA sebagai pusat berlatih yoga di Buleleng secara nasional dan internasional.

Upaya itu telah disertai dengan membuat jadwal latihan bersama, workshop, seminar dan retret yoga. Untuk itu Pak Oles membuat kerja sama pelatihan yoga bersama secara reguler dengan organisasi praktisi yoga yang ada di Bali, akan mulai aktif pada Januari 2023.

Villa IPSA juga mulai berbenah dan mempersiapkan infrastruktur studio yoga di dalam ruangan dan juga di luar ruangan untuk mendukung jadwal latihan yoga bersama.

Ruang terbuka beratap berupa pendopo diperluas agar bisa menampung 80 orang peserta latihan yoga, dan beberapa ruang latihan dalam kelompok yang lebih kecil, sehingga bisa dilakukan acara festival yoga dengan mendatangkan guru-guru yoga dan peserta pelatihan yang disesuaikan dengan minat peserta.

Festival yoga di Villa IPSA bisa dilakukan secara rutin dengan biaya yang terjangkau, karena infrastruktur dan sarana pelatihan bersama sudah tersedia.

Ian Terry melihat potensi Villa IPSA sebagai tempat berlatih yoga yang sangat bagus dan diminati oleh peserta latihan yoga dari Eropa dan Amerika, karena suasana alam yang unik dan menarik, untuk penyembuhan.

Ian Terry yang secara rutin melakukan pelatihan guru yoga akan ikut bersama mengembangkan Villa IPSA sebagai tempat berlatih yoga internasional yang menarik dan menyehatkan.

Setiap hari Sabtu pagi dilakukan latihan yoga bersama dengan masyarakat di Desa Bengkel, sebagai cikal bakal berdirinya studio yoga. Selanjutnya dibuatkan program latihan dua kali seminggu, seiring dengan permintaan dan minat masyarakat untuk melalukan yoga bersama.

Yoga sebagai olah raga yang menyehatkan menyembuhkan dan untuk awet muda mulai diminati oleh generasi muda dan wisatawan yang datang ke Bali.

Bali juga mempersiapkan diri sebagai tempat berlatih internasional, dengan membuat program dan mendatangkan guru-guru yoga dari luar negeri.

Peserta pelatihan dari luar negeri merasakan banyak manfaat setelah berlatih yoga di Bali, selain nanfaat sehat dan ilmu yang didapatkan, peserta juga bisa menikmati liburan dan bisa dilakukan sambil bekerja secara online.

Yoga memiliki prospek wisata kesehatan yang bisa dikembangkan lebih luas lagi. Bali memiliki prospek tersebut, dan juga didukung oleh budaya masyarakat Bali yang sangat dekat dengan filosofi yoga dalam hidup masyarakat Bali sehari-hari.

*) Direktur Utama PT Karya Pak Oles Grup dan Guru Yoga Internasional

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini