Dr. Wididana: Pengalaman Puluhan Tahun Pekerjaan Sulit Jadi Gampang

0
68
Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M. Agr Direktur Utama PT Karya Pak Oles Grup.

Pakar pertanian Organik, Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr, menegaskan, ahli pertanian yang mempunyai keterampilan, pengalaman kerja bertahun-tahun, bahkan lebih dari 30 tahun mampu mengerjakan hal-hal yang sulit, berat menjadi tampak gampang dengan hasil memuaskan.

“Hal-hal yang sudah biasa dilakoni, dipraktekkan dalam jangka panjang sehingga tampak menjadi mudah baginya, padahal orang lain tidak sanggup mengerjakan hal itu,” kata Dr. Wididana yang juga Direktur Utama PT Songgolangit Persada pada Webinar zoom topik “Praktisi Mengajar Pengembangan Pertanian Perkotaan” dihadapan mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Nasional (Unas) Jakarta, baru-baru ini.

Dr. Wididana yang juga akademisi Universitas Nasional Jakarta dalam mata kuliah yang dipandu dosen Unas Ir, Inkorena GS Sukartono, M.Agr itu menambah, penglaman yang berpuluh-puluh tahun, bahkan bisa 30 tahun akan mengantarkan menjadikan ahli pertanian maupun menjadi seorang ahli pupuk organik.

Dengan keterampilan itu, misalnya mampu menciptakan bibit durian jenis unggul dengan rasa enak dan nikmat yang tidak ada duanya. Pengalaman dan keterampilan itu adalah proses pengumpulan ilmu pengetahuan, pengalaman yang diperoleh dalam jangka waktu lama.

“Jadi dengan pengalaman yang dimiliki selama puluhan tahun mampu mengerjakan hal-hal yang susah menjadi cara yang gampang,” tutur Dr. Wididana, alumnus Faculty Agriculture University of The Ryukyus Okinawa, Jepang.

Ia menjelaskan, setelah menjadi seorang yang ahli dalam bidangnya bisa menghasilkan produk, sekaligus informasi, menyusun baku yang mampu memberikan banyak manfaat kepada orang lain.

Demikian pula tentang ahli mobil listrik awalnya belajar dari China, Asia, Jepang, Korea dengan gigih dan tekun, sekang muncul produk mobil linstrik, sepeda motor listrik dari Indonesia.

Kini hampir semua negara, termasuk Indonesia dan Malaysia memiliki produk sepeda dan mobil listrik berkat ketekunan dan kegigihan untuk belajar dan mendalami teknologi tentang produk sepeda dan mobil listrik tersebut.

Keahlian yang dimiliki itu mampu menciptakan lapangan kerja yang menampung banyak tenaga kerja yang mampu menghasilkan uang, ujar Dr. Gede Ngurah Wididana. https://linktr.ee/em4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini