Akademisi: Sistem Pertahanan Tubuh Mampu Kenali Patogen

0
45
Guru Besar UGM, Prof. Dr. APT. Zulles Ikawati, PH.D tengah menyampaikan materi dalam webinar Bokashi-Jamu Traditional bersama Direktur Utama PT. Karya Pak Oles Tokcer Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M. Agr dengan moderator Wibhuti Emriko, B.Sc., M.Sc

Seorang akademisi Universitas Gajah Mada (UGM), Prof.  Dr.  APT. Zulles Ikawati, PH.D  mengungkapkan, sistem pertahanan tubuh secara otomatis mampu mengenai phatogen yang masuk ke dalam tubuh sebelum berapresiasi dengan plasma sel untuk menghasilkan antibodi.

“Pada pandemi Covid-19 yang lalu kita semua disarankan untuk meningkatkan sistem imun tubuh dan  antibodi dengan berbagai upaya, agar virus tidak mengganggu sistem jaringan dalam tubuh,” kata Guru Besar Fakultas Farmasi Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, Prof.  APT. Zulles Ikawati, PH.D dalam materi “Herbal penjaga Imun Kita” ketika tampil sebagai pembicara pada Webinar Bokashi-Jamu tradisional baru-baru ini.

Prof. Zulles Ikawati di hadapan sekitar 100 peserta kalangan milenial lintas provinsi di Indonesia bersama pembicara tuan rumah Direktur Utama PT Karya Pak Oles Tokcer, Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M. Agr dengan moderator Wibhuti Emriko, B.Sc., M.Sc yang juga ketua panitia webinar tersebut.

Prof. Zulles Ikawati menambahkan, sistem pertahan tubuh yang mampu mengenali phatogen yang masuk yang dapat mengganggu kesehatan itu, maka sel darah itu akan memusnahkan atau meeliminasi.

Virus, atau bahteri yang menjadi phatogen dalam jalur kedua juga dapat dikenali kembali hingga memicu pelepasan untuk mengaktifkan sel D guna menghasilkan antibodi untuk kesehatan yang prima.

Demikian pula dalam proses selanjutnya terdapat jarum yang mampu menghancurkan dengan mengeluarkan sinyal untuk mengeliminasi virus. Oleh sebab itu betapa pentingnya upaya meningkatkan imun tubuh dalam menghadapi berbagai paparan.

Prof. Zulles Ikawati mengingatkan, selama menekuni aktivitas dalam kehidupan sehari-hari, umat manusia pasti menghadapi berbagai paparan, kuncinya tingkatkan sistem inum diri masing-masing.

Upaya itu menuntut sistem imun dalam berbagai aktivitas, yang dapat dipengaruhi oleh beban, lingkungan, faktor makanan dan usia serta faktor  kesehatan fisik dan mental.

“Usahakan dalam berbagai aktivitas keseharian itu jangan stress, tetap enjoy dan rileks. Konsumsi vitamin dan mineral, termasuk mengkonsumsi produk alam seperti madu, salah satu cara untuk meningkatkan imun tubuh, yakni makanan sehat, makanan yang berprotein, meningkatkan antibodi dan rutin berolahraga,” ujar Prof. Zulles Ikawati.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini