Saling Berbagi Ilmu Dan Pengalaman

0
50
Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr berbagi ilmu dan pengalaman kepada mahasiswa fakultas pertanian UNAS Jakarta melalui aplikasi zoom.

Oleh: Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr *)

Guru adalah murid yang belajar lagi untuk bisa mengajar. Kumpulan pengalaman lebih dari 30 tahun saya rangkum dalam materi kuliah dosen praktisi mengajar pertanian perkotaan, sangat menarik dan atraktif.

Pengalaman adalah guru, guru yang bijak mengajarkan kegagalan agar berhasil. Berkali- kali gagal, ulangi lagi dan cari akal. Berkali-kali jatuh, kembali berdiri jangan mengeluh.

Terimakasih kepada bapak Ir. Sukartono M.Agr dan Ibu Ir. Etty Hestiati MS, yang sudah memberikan kesempatan kepada saya berbagi ilmu dan pengalaman yang telah mengendap puluhan tahun, untuk dicairkan dan dibagikan kepada adik-adik mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Nasional (unas) Jakarta.

Praktisi Mengajar Pengembangan Pertanian Perkotaan dalam enam kali pertemuan sejak September-November 2022 merupakan amal yang sangat bermanfaat untuk dibagikan, sebelum pengalaman yang mahal itu membeku menyatu dengan tanah, hilang dan dilupakan generasi.

Selama tubuh dan pikiran saya masih kuat menyangga kehidupan, selama itu pula proses belajar dan mengajar berlangsung.

Semoga rahmat sehat dan rejeki masih mengalir ke diri saya, saya selalu siap memenuhi panggilan nurani sebagai guru alternatif untuk almamater. Untuk adik adik mahasiswa, tetap semangat dan lanjutkan perjuangan meraih cita-cita, masa depan gemilang menanti kalian, tentu harus dengan usaha gigih dan tekun.

*) Direktur Utama PT Karya Pak Oles Grup, Dirut PT Songgolangit Persada, Pakar Pertanian organik, Akademisi Fakultas Pertanian Universitas Nasional Jakarta, alumnusĀ  Faculty Agriculture University of The Ryukyus Okinawa, Jepang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini