Pakar Organik: Manajemen Modern Dukung Ketahanan Pangan

0
47
Direktur Utama PT Songgolangit Persada Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr menunjukkan produk EM4 dalam bidang pertanian.

Pakar pertanian organik, Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr menegaskan, penerapan manajemen modern dalam pembangunan pertanian akan mampu menjawab tantangan menerapkan teknologi maju, ramah lingkungan dalam mendukung terwujudnya ketahanan pangan.

“Ketahanan pangan tidak hanya memenuhi kebutuhan hidup masyarakat Indonesia, namun juga dapat membantu ketahanan pangan negara lainnya di belahan dunia,” kata Dr. Gede Ngurah Wididana yang juga Direktur Utama PT Songgolangit Persada, agen tunggal yang satu-satu mendapat lisensi dari EMRO Jepang untuk memproduksi dan memasarkan pupuk hayati Effective Microorganisms (EM) ke seluruh daerah di Indonesia.

Wididana pada Webinar “Pengembangan Pertanian Perkotaan” yang digelar Fakultas Pertanian Universitas Nasional (Unas) Jakarta.

Ia yang juga akademisi Universitas Nasional (Unas) Jakarta mengungkapkan hal itu pada webinar yang dipandu dosen Unas Ir, Inkorena GS Sukartono, M.Ag baru-baru ini.

Dr. Wididana, alumnus Faculty Agriculture University of The Ryukyus Okinawa, Jepang mengingatkan, sarjana pertanian mempunyai potensi dan peluang untuk dapat menggerakkan pembangunan pertanian organik menjadi sektor andalan mendukung berbagai sektor kehidupan lainnya.

Komoditas pertanian yang mempunyai nilai ekonomis tinggi yang sangat dibutuhkan masyarakat dunia seperti kopi, vanili yang mengandung antioksidan tinggi dan berbagai komoditas lainnya yang dapat tumbuh subur di wilayah kepulauan Indonesia.

Untuk itu, Indonesia yang memiliki wilayah kepulauan yang luas dan subur dari Sabang sampai Merauke dapat mengembangkan teknologi kreatif, ramah lingkungan dan manajemen modern dalam pembangunan pertanian.

“Dalam membudidayakan berbagai jenis tanaman bunga misalnya, selain mendapatkan keuntungan dari panen bunga, juga memperoleh penghasilan dari orang-orang yang khusus datang untuk selfie. Berbagai jenis tanaman bunga yang beraneka warna sangat menarik menjadi latar belakang untuk selfie, sehingga mereka tidak keberatan untuk membayarnya,” ujar Dr. Wididana.

Demikian pula pembangunan pertanian lainnya mampu menghasilkan sumber pendapatan utama, penghasilan tambahan seperti limbah yang dapat diolah menjadi pupuk organik dengan sentuhan teknologi Effective Microorganisms(EM).

Untuk itu manusia dituntut untuk selalu berpikir, kreatif mengembangkan kegiatan yang mampu memberikan manfaat dan kemudahan untuk kehidupan sekarang maupun dimasa mendatang, ujar Dr. Wididana. https://linktr.ee/em4 #EM4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini