Murid Sunrise School Belajar Buat Jamu Tradisional Di Pak Oles

0
55
Murid Sunrise School saat belajar ke Pak Oles Green School, Bokashi Farm Kang Zanger, Jalan Waribang, Kesiman, Denpasar Timur.

Sebanyak 37 murid kelas I, II dan III Sekolah Dasar (SD) Sunrise School belajar membuat loloh (jamu tradisional ) selama dua hari di Pak Oles Green School (POGS), Kang Zanger Bokashi Farm, Jalan Waribang, Kesiman, Denpasar Timur, Selasa-Rabu (4-5/10/22).

Rombongan murid yang datang diantar oleh guru pembimbing diterima kepala POGS, Koenjoro Adijanto yang akrab disapa Pak Yoyok. Mengawali materi Yoyok memperkenalkan berbagai jenis tanaman dari bentuk dan fungsi tanaman.

Selain itu juga diperkenalkan berbagai jenis tanaman berkhasiat obat yang tumbuh subur di atas lahan seluas 40 are, sebagai miniataur tanaman obat dari Industri Obat Tradisional PT. Karya Pak Oles Tokcer.

Pada kesempatan itu rombongan murid juga diajak untuk belajar menanam tanaman yang telah disediakan. Mereka terlihat sangat antusias mengikuti arahan dari Pak Yoyok dalam menanam tanaman cocor bebek dan kumis kucing menggunakan pupuk organik bokashi.

Selain itu, rombongan murid juga diajak keliling kebun untuk melihat dari dekat berbagai jenis tanaman yang bisa dipergunakan untuk bahan loloh (jamu tradisional). Setelah itu lanjut dengan praktek membuat loloh yang bahannya diambil dari kebun sekitar.

Adapun bahan-bahan yang dipergunakan diantaranya daun katu, daun bluntas, belimbing wuluh, buah markisa, jeruk nifis yang di blander. Meskipun jarang minum loloh, namun anak-anak terlihat sangat menyukainya. Menutup kunjungan diakhiri dengan makan siang bersama menu nasi timbel khas Sunda di Kang Zanger.linktr.ee/pakolescom

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini