Membangun Kebiasaan Baru Terus Berlatih

0
59
Gede Ngurah Wididana (dua dari kanan, atas) melakukan foto bersama saat latihan yoga di Villa IPSA.

Membangun Kebiasaan Baru Terus Berlatih

Oleh: Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr *)

Membangun kebiasaan baru dengan terus berlatih. Jika anda ingin hidup baru, bangunlah kebiasaan baru. Kebiasaan tersebut dilatih terus menerus setiap hari selama 21 hari.

Waktu tiga minggu merupakan rentang waktu yang cukup untuk mengubah menjadi kebiasaan baru, yang diperoleh dari berbagai penelitian tentang mengubah perilaku.

Misalnya, jika anda ingin penulis atau pembaca, atau berolah raga, maka setiap harilah menulis dan membaca, atau berolah raga selama 21 hari, maka kebiasaan baru tersebut akan terbentuk.

Saya sudah menerapkan teknik mengubah kebiasaan baru tersebut dan berhasil. Kalau anda tidak percaya, bisa dicoba. Selama 21 hari saya berlatih yoga setiap hari, dan sudah menjadi kebiasaan baru.

Yoga sangat bermanfaat untuk melenturkan otot, menguatkan tulang dan menegakkan tulang belakang. Kebiasaan baru beryoga saya ajarkan ke teman dan saudara. Hasilnya, mereka mendapatkan kembali badan sehat, pikiran tenang dan jiwa yang bergembira.

Saya mengundang beberapa guru yoga untuk melatih teman dan keluarga di villa Institut Pengembangan Sumber Daya Alam (IPSA). Setelah berlatih mereka treking ke jalan-jalan desa menikmati panorama desa.

Selanjutnya mereka berenang di kolam sambil relaksasi menikmati kesegaran udara desa. Bangunlah kebiasaan berolah raga sebagai investasi hidup sehat di hari tua. Tetap semangat. Salam tokcer. linktr.ee/pakolescom

*)Direktur Utama PT Karya Pak Oles Grup, Alumnus Faculty Agriculture University of The Ryukyus Okinawa, Jepang dan Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini