Bibis Pakan Fermentasi Ikan Nila Sentuhan EM

0
52
Penambahan EM4 pada pakan ikan sebagai penambah nutrisi agar ikan cepat besar.

Bibis pakan fermentasi ikan nila dengan proses pemberian cairan Effective Microorganisms (EM4) perikanan ke dalam pakan untuk jumlah tertentu sehingga pakan menjadi empuk atau tidak keras, namun tidak sampai hancur.

“Sebagai penambah nutrisi pakan ikan agar cepat besar dan hasilnya memuaskan pembudidayaannya,” kata Manajer Pak Oles Green School di Jalan Waribang, Kesiman Denpasar, Ir. Koentjoro Adijanto.

EM4 Perikanan dan Tambak salah satu dari empat jenis pupuk hayati produksi PT Songgolangit Persada mempunyai manfaat untuk menguraikan bahan-bahan sisa pakan dan kotoran menjadi organik yang bermanfaat.

EM4 perikanan dan tambak juga mampu menekan mikroorganisme patogen dan memperbaiki mutu air sehingga pertumbuhan ikan dan udang menjadi sehat dan cepat besar.

EM4 perikanan dan tambak dalam kemasan satu liter botol warna pink juga dapat menekan hama dan penyakit yang terdapat di dalam tambak.

Cara pemakaiannya setelah tanah tambak, kolam dikeringkan dan dicangkul atau dibajak, rendam dulu dengan air sedalam 20 sentimeter kemudian siram dengan EM4 sebanyak 6 liter per hektar. Biarkan air meremdam selama 4-7 hari dan kemudian baru dikeringkan kembali selama 4 hari.

Selanjutnya tanah tambak/kolam dikapur sebanyak 300 kg/hektar dan ditaburi pupuk Bokashi 1,5 ton/hektar, kemudian diisi air dengan ketinggian 20 sentimeter lalu siram dengan EM4 sebanyak 6 liter per hektar biarkan selama seminggu.

Tambahkan air hingga mencapai ketinggian 60-80 sentimeter lalu siramkan kembali EM4 sebanyak 6-8 liter per hektar, biarkan selama seminggu hingga menjelang benur ditebar.
Pada masa pemeliharaan setelah benur berumur satu bulan siramkan EM4 sebanyak 1-3 ppm/minggu/hektar atau pada saat penggantian air sesuai dengan kondisi air. https://linktr.ee/em4 #EM4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini