Ternak Kambing di Bali Farm Berkembang Pesat Sentuhan EM

0
53
Seorang pekerja sedang memindahkan anak kambing silangan Etawa-Jawa Randu di Bali Farm Banjar Kesiut Kawan Kelod, Kecamatan Kerambitan, Kabupaten Tabanan, Bali.

Dedi Ramlan pemilik Bali Farm mengembangkan ternak kambing jenis Etawa yang bibitnya didatangkan dari Jawa Tengah sebanyak 15 ekor pada awal tahun 2021, belum genap setahun ternak peliharaan itu telah berkembang menjadi 70 ekor, berkat pemeliharannya menggunakan sentuhan Effective Microorganisms 4 (EM4) peternakan.

“Usaha peternakan kambing pada masa pandemi Covid-19 itu dilakukan di Banjar Kesiut Kawan Kelod, Kecamatan Kerambitan, Kabupaten Tabanan, Bali,” kata Dedi Ramlan, yang juga menjadi manajer operasional di Kebun Binatang Bali Zoo Kabupaten Gianyar karena saat itu kunjungan ke Bali Zoo sepi.

Ia memilih mengembangkan ternak kambing di daerah pertanian yang banyak memiliki limbah pertanian sebagai bahan pakan ternak kambing peliharaannya, asalkan digeluti dengan kerja keras, penuh disiplin, ulet dan kerja yang cerdas.

Usaha peternakan kambing yang digeluti itu meliputi tiga jenis yakni usaha pengembangbiakan (beranak) mengawinkan kambing etawa dengan kambing Jawa Randu sehingga melahirkan bibit jenis unggul dan berkualitas.

Selain itu juga memelihara kambing penggemukan untuk memenuhi kebutuhan daging kambing yang bermutu dan memelihara kambing untuk menghasilkan susu perah. Dalam pengembangan ternak kambing, Dedi Ramlan dibantu dua orang tenaga kerja.

Dedi Ramlan yang mempunyai latar belakang sebagai memelihara satwa, menjelaskan, bibit kambing yang bermutu hasil perkawinan silang antara kambing etawa- jawa randu dijual kepada peternak sekitarnya dengan harapan populasi kambing cepat meningkat, mengingat hijauan pakan ternak di daerah “gudang beras” di Bali sangat melimpah.

Beternak kambing dengan sentuhan EM4 peternakan, salah satu dari empat jenis EM4 produksi PT Songgolangit Persada dapat memberikan berbagai kemudahan dalam mengembangkan usaha peternakan kambing. Tiga jenis EM produk lainnya adalah EM4 pertanian, EM4 perikanan dan EM4 untuk mengatasi limbah.

EM4 peternakan dapat mencegah bau tidak sedap pada kandang dan tempat pembuangan kotoran ternak, mengurangi jumlah lalat dan serangga ternak, memperbaiki kesehatan ternak, mengurangi ketegangan (stres) ternak, memperbaiki mutu daging, kesuburan ternak dan mengurangi kematian ternak.https://linktr.ee/em4 #EM4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini