Hidup Sehat Dengan Mengkonsumsi Madu

0
148
Lima jenis produk madu dari Industri Obat Tradisional PT. Karya Pak Oles Tokcer yang sangat baik untuk menjaga kesehatan.

Oleh: Ketut Sutika
Madu adalah cairan alami yang bersumber dari nektar bunga yang diolah dalam tubuh lebah madu yang sangat baik untuk kesehatan, karena mengandung nutrisi seperti vitamin, mineral, enzim, asam amino, flavonoid dan senyawa bio aktif lainnya.

Madu mempunyai khasiat dapat mengobati penyakit seperti gangguan usus, batuk dan pernafasan. Madu juga memiliki sifat anti bakteri, antioksidan dan anti inflamasi yang bisa mengobati sakit tenggorokan, gangguan pencernaan dan luka bakar.

Madu untuk kesehatan sebenarnya sudah banyak diketahui masyarakat luas, namun masih sebagian saja yang tertarik untuk mengkonsumsi madu secara berkesinambungan, karena madu itu masih terbatas pada pengetahuan, bukan pada tataran prakteknya.

Widnyana, seorang paramuwisata (guide) yang aktivitasnya mulai padat seiring mulai bangkit kembali sektor pariwisata Bali, bertekad menjaga stamina tubuhnya dengan mengkonsumsi Madu Geruh Bokashi, salah satu dari lima jenis madu produksi industri obat tradisional PT Karya Pak Oles Tokcer.

Sosok pria enerjik yang tinggal di sekitaran Kesiman, Denpasar timur adalah salah seorang konsumen setia Produk Ramuan Pak Oles, yang selalu datang jika persediaan di rumahnya menjelang habis, seperti yang dituturkan Pegawai Konter Pak Oles di Jalan Waribang Kesiman, Luh Sumiasih.

Masyarakat untuk bisa mendapatkan kesehatan yang prima dari madu, harus mengkonsumsinya setiap hari dan lebih baik lagi setiap pagi dan sore satu sendok makan. Madu yang dikonsumsi itu adalah madu asli yang berkualitas, bukan madu yang dicampur gula merah atau madu sintetik yang terbuat dari cairan kental mirip madu dan beraroma madu.

Madu dipilih dari produsen yang berkualitas dan bergaransi, yang memiliki catatan produksi yang memiliki izin edar dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM). Madu juga bisa digunakan untuk masker wajah atau lulur pada tubuh untuk memberikan nutrisi bagi kulit. Masker atau lulur madu dapat mencerahkan dan mengencangkan kulit.

Masyarakat dan konsumen agar membiasakan diri membeli madu asli di toko obat atau apotek, atau di konter-konter Pak Oles yang tersebar di berbagai tempat, Minumlah madu dua sendok makan pada pagi hari dan malam hari. Madu bisa diminum langsung, dilarutkan dalam air, atau digunakan sebagai pengganti gula, saat minum kopi, teh, jus.

Secara tradisional madu bisa dicampur ke dalam serbuk jamu untuk menangkal rasa pahitnya jamu, dan juga bisa dicampur dengan kuning telor ayam kampong atau sebagai pemanis masakan.

Selain itu madu bisa digunakan untuk masakan ayam/ikan goreng/bakar karena madu, dapat memberikan rasa manis dan aroma madu yang gurih bercampur dengan bumbu masakannya. Madu bisa pula digunakan sebagai selai yang dioleskan pada roti, atau sebagai pemanis saat makan pisang goreng.

Madu banyak mempunyai manfaat sebagai pemanis,/perasa saat makan buah potong segar. Bentuklah kebiasaan minum madu dengan berbagai cara seperti minum langsung, dicampur dengan minuman atau makanan lainnya, serta membuat aneka masakan dengan campuran madu. Mengkonsumsi madu dapat menyehatkan tubuh secara perlahan-lahan, serta meningkatkan ketahanan tubuh terhadap serangan penyakit.

Lima Jenis madu
PT Karya Pak Oles Tokcer, sebuah perusahaan swasta nasional berbasis obat-obatan tradisional terbesar di Bali memproduksi lima jenis madu yang terdiri atas Madu Geruh Bokashi, Madu Resi, Madu Wididana, Madu Jamur dan Madu Rocky.

Kelima jenis madu asli Bali dari bunga tanaman di lahan pertanian organik yang diolah dengan teknologi modern dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit, karena mengandung asam amino lengkap, gula buah (fruktose), gula tepung (maltose), gula sakarin (sakarosa), gula disakarida dan polisakarida, vitamin C Vitamin B, B2, B6 asam panthotenat, asam daun (asam folik), natrium, kalium, posfor, sulfur, enzim, hormon, zat bakterisida dan zat aromatik.

Minum madu secara berkesinambungan dalam kurun waktu satu tahun akan terlihat hasilnya, tulang akan terasa lebih kuat, kulit lebih cerah, pencernaan lebih baik, ketahanan tubuh semakin kuat, daya ingat bagus dan kesehatan menjadi lebih prima.

Kebiasaan minum madu merupakan hal yang sangat positif dengan biaya murah untuk mendapatkan kondisi kesehatan yang prima. Jika lidah sudah terbiasa dengan rasa manis madu asli dan tubuh mendapatkan manfaat kesehatan dari mengkonsumsi madu asli,
Investasikan uang untuk mengkonsumsi madu sebagai minuman kesehatan, hindari minuman dengan pemanis gula atau pemanis buatan, untuk mendapatkan kesehatan yang prima. Mengubah gaya hidup sehat dengan membiasakan minum madu asli setiap hari, adalah cara sederhana yang menyehatkan dalam jangka panjang.

Produk kelima jenis madu tersebut cukup laris, karena terbukti mampu meningkatkan ketahanan tubuh yang prima, disamping seluruh konter-Pak Oles di Denpasar dan sekitarnya senantiasa memberikan potongan harga.

Nyoman Sudiana (45), salah seorang konsumen setia produk Pak Oles yang selalu menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi madu. Karyawan PLN yang bertugas mencatat meteran pelanggan konsumen di Sanur mengaku bersama istri dan keluarganya selama puluhan tahun telah mengkonsumsi madu produk Pak Oles.

Demikian pula Made Tama Budi, seorang anggota TNI mengaku rutin mengkonsumsi Madu Resi untuk menjaga kesehatan tubuhnya. “Memang menjadi anggota TNI, harus selalu siap dan sehat. Untuk itu saya percayakan kesehatan dengan konsumsi Madu Resi setiap pagi dan sore sehingga stamina terjaga dan badan selalu terasa fres,” ujar pria tegap yang tinggal di Desa Tegal Harum, Denpasar Barat.

Sementara Wasto, pria yang kesehariannya menjual bakmi dan nasi goreng mengaku secara rutin mengkonsumsi Madu Geruh untuk menjaga kesehatan yang prima. .Kesehatan menjadi hal yang utama, karena kalau sakit berarti dapurnya tidak mengepul, lalu anak dan istri tidak bisa makan.

Kepala Pemasaran Ramuan Pak Oles Cabang Bali Made Subagia menjelaskan, dari lima jenis madu yang diproduksi Pak Oles, tiga diantaranya yakni madu jamur, madu Resi dan Madu Rocky adalah campuran madu asli dengan ramuan herbal yang memiliki khasiat tertentu. Madu Jamur (untuk kolesterol), Madu Resi (untuk vitalitas), Madu Rocky (madu cuka untuk perokok).

Mengkonsumsi madu sangat penting untuk menjaga stamina sehingga kesehatan tubuh tetap prima dalam menekuni aktivitas sehari-hari. Madu sebagai suplemen dapat menurunkan trigeliserida yang membuat tubuh tetap sehat meski pengkonsumsi makanan tinggi kalori dan lemak.Mengkonsumsi satu sendok madu bisa mendapatkan 64 kalori dan 17 gram gula dari sumber fluktosa alami yang dapat memberikan energi sepanjang hari di tengah aktivitas yang padat, tuturnya.linktr.ee/pakolescom #pakoles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini