Pak Oles: Disiplin Adalah Kunci Sukses

0
56
Dr.Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr Direktur Utama PT. Karya Pak Oles Grup

Disiplin dalam Agama Hindu disebut Labda Karya yakni kerja yang berhasil, mampu memberikan kepuasan secara lahir dan batin kepada pelakunya atau yang menerima kerjanya.

“Untuk bisa berhasil, setiap orang harus disiplin dalam segala hal yakni disiplin waktu, disiplin menggunakan sumber daya, komunikasi hubungan sosial dan sebagainya,” kata Direktur Utama PT. Karya Pak Oles Grup, Dr.Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr ketika tampil memberikan motivasi yang membahas tentang “Disiplin Sebagai Kunci sukses”.

Alumnus Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar, menilai, disiplin itu sangat penting seperti yang dijelaskan yoga sutra bab I ayat 1 dan ayat 2 bahwa Atha Yoga Anushasanam yang disebut dengan yoga adalah disiplin.

Jika ayat 1 dan ayat 2 disambung Yoga Citta Verdi Nirodha artinya
pada saat kita fokus, berhenti melakukan pikiran yang selalu berubah-ubah itulah yang disebut dengan yoga, jadi kunci sukses itu adalah disiplin.

Hubungan dengan disiplin adalah yoga, selanjutnya yang dimaksud dengan yoga itu adalah disilpin dan seni atau ilmu atau teknik mendisiplinkan pikiran dan mendisiplinkan tubuh sehingga apa dipikirkan, ucapan dan keinginan selaras sesuai seimbang dengan berlatih yoga.

Selanjutnya dalam Bagawad Gita bab 2 ayat 50 dikatakan Yoga Karmasu Kaushalam. Artinya intisari dari kerja itu adalah efisensi, yoga, dalam tiga sloka tersebut dapat dipetik yakni yoga itu disiplin dan yang kedua disiplin itu berawal dari pikiran dan tubuh yang dilatih, itulah merupakan dasar dari kesuksesan.

Untuk itu orang yang disiplin harus terus dilatih, bukan hanya pikiran, namun juga tubuhnya mulai dari bangun pagi, sedikit bicara, hemat, banyak belajar yang semuanya berawal dari disiplin.

Semua itu akan mengantarkan sifat-sifat kita menjadi terbiasa, terbiasa bisa lahir karena kebiasaan, pikiran yang dilatih untuk fokus, bekerja, belajar sehingga terus mendapatkan kemajuan, mampu memperbaiki diri dengan belajar dan disiplin.

Pak Oles menekankan, semua itu ada hubungan dengan belajar dan bekerja, memperbaiki diri untuk kemajuan diri maupun kemajuan orang lain, karena terus dilatih akan menjadi fokus, terbiasa bekerja menjadi lebih baik, sehingga hasilnya akan mendapatkan keberhasilan lebih baik.

Oleh karena itu teruslah bekerja dengan penuh kesadaran, keikhlasan sehingga belejar dan bekerja menjadi berhasil serta sukses, ujar Pak Oles. linktr.ee/pakolescom

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini