Bokashi Cair Pupuk Organik Difermentasi EM

0
72
Pupuk organik cair yang difermentasi dengan teknologi Effective Microorganisme (EM) lebih mudah diserap akar tanaman sehingga tumbuhan cepat subur.

Bokashi Cair adalah pupuk organik cair yang dibuat dari berbagai bahan organik yang difermentasikan dengan produk Effective Microorganisms4 (EM4) produksi PT. Songgolangit Persada.

“Pupuk organik cair itu sudah siap dimanfaatkan setelah diproses selama 7-15 hari,” kata Manajer Pak Oles Green School di Jalan Waribang, Kesiman Denpasar, Ir. Koentjoro Adijanto akrab disapa Pak Yoyok yang senantiasa mengajarkan teknologi EM, membuat pupuk organik bokashi padat dan cair kepada kalangan pelajar, siswa dan mahasiswa yang berkunjung ke sana.

Pak Oles Green School yang dibangun di atas hamparan seluas 40 are (4.000 meter persegi) merupakan sebuah tempat yang mengoleksi ratusan jenis tanaman obat yang berkhasiat. Selain potensi tanaman obat juga sebagai tempat edukasi tentang pertanian organik yang dibuka untuk masyarakat umum dari berbagai kalangan.

Kalangan pelajar dan mahasiswa dari sejumlah sekolah dan perguruan tinggi di Bali, Jawa dan berbagai daerah lainnya di Indonesia senantiasa melakukan kunjungan ke Pak Oles Green School untuk pengenalan berbagai jenis tanaman obat, cara mengembangbiakkan tanaman yang baik, mempelejajari pembuatan biogas dan pupuk bokashi.

Pak Yoyok menambahkan, pupuk organik bokashi cair setelah diproses 7-15 hari sudah siap dimanfaatkan untuk pemupukan tanaman dengan cara menyiramkan atau disemprot karena nutrien dalam pupuk organik cair sudah terurai dengan baik sehingga bisa diserap dengan baik oleh tanaman.

Sedangkan Eco-enzyme adalah cairan alami serba guna hasil fermentasi dari kulit buah yang belum membusuk, rempah, atau akar dan daun aromatik dengan lama fermentasi 3- 6 bulan. Itulah perbedaan dasar Bokashi cair dengan Eco Enzyim, ujar Pak Yoyok. https://linktr.ee/em4 #EM4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini