Waspadalah Agar Selamat

0
20
Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr Direktur Utama PT Karya Pak Oles grup.

Oleh: Gede Ngurah Wididana *)

Kata selamat banyak disematkan menjadi sebuah nama orang Indonesia. Tujuannya adalah doa, agar selamat bagi anak yang bernama selamat. Kata selamat juga digabungkan dengan kata lain, misalnya selamat jalan, selamat tinggal, selamat pagi, selamat malam, selamat siang, selamat makan, selamat menempuh hidup baru.

Artinya, selamat berarti semoga berhasil, semoga berjalan dengan baik, semoga sukses. Bagaimana caranya agar selamat?

Budha memberi nasihat kepada muridnya “Apamadena Sampadeta,” waspadalah agar selamat. Waspada berarti penuh perhatian, fokus, tekun, rajin, tanggap. Setiap orang, apakah dia pekerja, pengusaha, politisi, seniman, supir, satpam, perumah tangga, harus waspada, agar selamat.

Tanpa waspada, pasti akan ada masalah, rugi, mengalami celaka, bangkrut, cerai, atau mati sia-sia. Meditasi adalah cara untuk waspada. Waspada bisa dilatih dengan meditasi, sehingga batin menjadi peka, menjadi tanggap terhadap segala situasi.

Belajarlah dari singa yang selalu waspada dalam mengamati mangsa dan musuhnya. Jika singa tidak waspada, dia akan kelaparan atau mati dimangsa musuhnya. Salam tokcer.

*)Direktur Utama PT Karya Pak Oles Grup, alumnus Faculty Agriculture University of The Ryukyus Okinawa, Jepang dan Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar. linktr.ee/pakolescom #pakoles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini