Perluasan Pabrik EM Unit Bantas

0
29
Ir. Haji Agus Urson Hadi Pramono memberikan sambutan saat acara selamatan pembangunan gedung EM II di Desa Bantas, Selemadeg Timur, Tabanan.

PT. Songgolangit Persada (SLP) kembali membangun gedung untuk perluasan pabrik Effective Microorganisms 4 (EM4) di unit pabrik Desa Bantas, Kecamatan Selemadeg, Kabupaten Tabanan yang diharapkan rampung akhir Agustus mendatang dan segera bisa beroperasi untuk meningkatkan kapasitas produksi, mengantisipasi permintaan pupuk hayati di Indonesia yang semakin meningkat.

“Perluasan pabrik dengan persiapan yang matang sengaja dilakukan untuk ketiga unit pabrik yang dikelola agar tidak kewalahan, jika ada ledakan permintaan pupuk organik dari berbagai daerah di Nusantara,” kata Direktur PT. Songgolangit Persada Ir. Haji Agus Urson Hadi Pramono ketika menyaksikan pemancangan tiang baja gedung II pabrik di Desa Bantas, sekitar 35 km barat Denpasar.

Dalam acara yang dihadiri Manajer Personalia Nyoman Yuliarsana, Kepala Produksi PT SLP Nyoman Sukamerta, Staf Ahli PT SLP Ir. I Gusti Ketut Riksa, Kepala Pemasaran PT SLP Cabang Bali Irkham Rosidi, Supervisi Pupuk Bokashi Kotaku dan Tanah Subur Pak Oles Kadek Wirawan, sektretaris perusahaan Tri Suharti, karyawan pabrik unit Bantas dan Desa Bengkel, Busungbiu, Buleleng serta seluruh anggota tim pembangunan gedung yang sekaligus dirangkai dengan acara syukuran telah berlangsungnya pembangunan gedung sejak dua minggu yang lalu.

Perluasan gedung unit II pabrik EM di Desa Bantas dilakukan bersebelahan dengan pabrik organik padat Bokashi Kotaku dan pabrik Tanah Subur Pak Oles seluruhnya di atas hamparan lahan seluas 1 hektar. Perluasan pabrik di Desa Bantas untuk memproduksi EM4 pertanian dan EM4 perikanan memperkuat Pabrik di Desa Bengkel, Busungbiu, Kabupaten Buleleng yang juga telah diperluas setahun yang lalu.

Pabrik EM4 di Desa Bengkel yang bersebelahan dengan pabrik Industri Obat Tradisional PT. Karya Pak Oles Tokcer itu memiliki tiga gedung yakni gedung I memproduksi EM peternakan dan dua gedung untuk mendukung kegiatan operasional.

Haji Agus Urson menambahkan, satu unit pabrik di kawasan Industri Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat baru-baru ini juga telah melakukan perluasan bangunan baru seluas 1.000 meter persegi (10 are) juga diharapkan beroperasi Agustus mendatang bersamaan dengan pabrik perluasan unit Bantas.

Oleh sebab itu proses pembangunan perluasan pabrik unit Bantas dapat dilakukan oleh seluruh tim dengan baik dan lancar, tanpa menghadapi kendala dan hambatan. Pekerja bangunan dengan penuh semangat menyiapkan lubang untuk fondasi dan tim bangunan yang khusus menangani tiang baja dan perlengkapan lainnya.

Kebersamaan dan keterpaduan dari seluruh tim pendirian gedung untuk perluasan pabrik EM4 unit Bantas diharapkan proses pembangunannya bisa rampung akhir Agustus 2022. Setelah bangunan gedung rampung ditambah dengan 200 unit gentong ukuran besar untuk proses fermentasi EM.

Semua proses itu dapat dilakukan dengan baik, memberikan rasa aman, nyaman kepada semua tim pekerja, sehingga hasil akhir sesuai dengan harapan kita semua. Untuk itu sebelum memulai menggarap gedung baru panitia telah melakukan kegiatan ritual, semacam selamatan dan doa-doa mohon keselamatan untuk semua pekerjaan, termasuk karyawan, harap Haji Agus Urson. linktr.ee/pakolescom #EM4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini