Nurul Manfaatkan EM4 Untuk Ternak dan Fermentasi Pupuk

0
14
Nurul menggunakan produk EM4 untuk merawat ternak kambing dan memfermentasi kohe menjadi pupuk organik.

Mengembangkan ternak kambing menggunakan Effective Microorganisms 4 (EM4) peternakan dalam kemasan botol warna coklat mempunyai banyak manfaat yakni memperbaiki kesehatan ternak, mencegah bau tidak sedap pada kandang dan tempat pembuangan kotoran serta mengurangi jumlah lalat yang mengganggu ternak piaraan tersebut.

Hal itu dilakukan Nurul Huda, seorang peternak kambing dari Desa Mboto Daleman, Kecamatan Bayan, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Sosok pria enerjik itu selain memelihara ternak kesayangannya dengan cermat, teliti dan penuh semangat juga menjadikan kohennya (kotoran) kambing menjadi pupuk bokashi setelah difermentasi dengan EM4.

Proses fermentasi berfungsi untuk mengurai bahan-bahan organik yang terkandung dalam kotoran kambing untuk dijadikan sebagai sumber unsur-unsur hara yang stabil dan lebih mudah diserap oleh tanaman sehingga tanaman dapat tumbuh lebih subur.

Nuruh Huda mengaku, dengan mengembangkan pupuk organik dari kotoran ternak kambing yang difermentasi dengan kambing, menjadi mempunyai nilai ekonomis yang banyak dibeli oleh masyarakat sekitarnya, disamping digunakan sendiri untuk menyuburkan tanaman di pekarangan rumahnya.

EM4 peternakan produksi PT Songgolangit Persada merupakan salah satu dari empat jenis pupuk hayati, tiga jenis lainnya adalam EM4 pertanian, EM4 perikanan dan EM4 untuk mengatasi limbah (lingkungan menjadi lestari).

EM4 untuk peternakan juga bermanfaat untuk mengurangi ketegangan (stres) ternak,, memperbaiki mutu daging, kesuburan ternak dan mengurangi jumlah kematian ternak. linktr.ee/pakolescom #EM4 #songgolangitpersada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini