Staf Ahli: EM Selalu Siap Dalam Rumah Tangga

0
59
Dua mahasiswi dari Universitas Udayana menunjukkan produk EM4 yang diterapkan dalam bidang pertanian.

Pupuk hayati Effective Microorganisms (EM) hendaknya selalu siap untuk bisa digunakan setiap saat dalam lingkungan rumah tangga masing-masing, mulai untuk keperluan mencuci beras, sayur mayur, merendam daging hingga mencuci piring dan pakaian.
“EM juga bisa digunakan untuk membersihkan lantai (ngepel) dan menyiram kloset (peturaan) agar jauh dari patogen dan bau busuk,” kata Staf Ahli PT Songgolangit Persada, Ir. I Gusti Ketut Riksa.

Ia menjelaskan, limbah dari cucian pakaian yang telah dicampur dengan EM juga dapat untuk membersihkan saluran pembuangan limbah (got), menekan populasi lalat, kecoak, menstimulir perkembangan kerang air tawar serta merespon munculnya kembali kunang-kunang.

EM adalah teknologi yang mudah, murah, hemat energi, ramah lingkungan dan berkelanjutan itu juga dapat digunakan untuk membuat pupuk dari limbah dapur, kotoran hewan sekaligus menyelesaikan masalah pencemaran lingkungan.

Gusti Ketut Riksa, mantan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bangli itu menjelaskan, dalam bidang peternakan EM juga dapat digunakan untuk membuat silase yang berdaya simpan lama dan memiliki nilai gizi yang lebih tinggi.

Selain itu juga dapat digunakan untuk membuat pakan daur ulang dengan bahan baku dari kotoran hewan untuk menekan biaya. Demikian juga untuk membuat jamu ternak agar kesehatan ternak menjadi lebih prima.

Sementara itu, untuk sanitasi lingkungan dapat dilakukan dengan menyemprotkan EM aktif yang telah diencerkan dengan air pada konsentrasi 1-2 CC per liter air ke dalam alas kandang dan memandikan ternak untuk menekan bau busuk, sekaligus meningkatkan kesehatan ternak.

Sedangkan ayam petelur, EM dapat meningkatkan kualitas telur dengan kuning telur yang lebih kental, tahan simpan, mengurangi bau hamis dan tidak menyebabkan elergi. Ayam broiler, pertambahan berat badan ayam akan menjadi lebih cepat sehingga dapat menghemat biaya pakan.

Selain itu kotoran hewan dapat diolah menjadi pupuk bokashi yang aman untuk digunakan sebagai pupuk organik yang mampu meningkatkan kesuburan tanah, ujar I Gusti Ketut Riksa. linktr.ee/em4 #EM4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini