Peserta Pelatihan Tinjau Kebun Tanaman Herbal

0
30
Peserta pelatihan pertanian organik terpadu dengan Effective microorganisms 4 melakukan kunjungan ke kebun tanaman obat herbal.

Peserta pelatihan Pertanian Organik Terpadu dengan teknologi Effective Microorganisms (EM) di Institut Pengembangan Sumber Daya Alam (IPSA) Bali, sempat melihat dari dekat kebun tanaman herbal yang mengoleksi ratusan jenis tanaman obat di atas hamparan lahan seluas 7 hektar di Desa Bengkel, Busungbiu, Kabupaten Buleleng.

Ke-6 peserta merupakan satu keluarga besar dari Jakarta, dipandu Ketua IPSA Bali, Ketut  Jadiasa meninjau tanaman herbal organik yang tertata apik di lahan berterasering tumbuh subur dan lestari mempunyai nilai lebih dalam menjaga kesehatan tubuh yang prima.

Direktur Utama PT Karya Pak Oles Tokcer, Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr yang akrab disapa Pak Oles alumnus Researcher, Faculty Agriculture University or The Ryukyus Okinawa, Jepang (1987-1988) dan Master of Agriculture, Faculty of Agriculture University of The Ryukyus Okinawa, Jepang  (1988-1990) dan Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugwira Denpasar  (2016-2019) dinilai sukses dalam usaha bisnis.

Kebun tanaman obat di daerah berhawa sejuk, dengan panorama pemandangan alam, perpaduan lembah, bukit dan hamparan sawah yang menghijau di pesisir barat laut Danau Tamblingan, salah satu dari empat danau yang ada Bali itu, kini telah terbukti menjadi sumber kehidupan masyarakat, karena perusahaannya menampung cukup banyak tenaga kerja.

Ratusan jenis tanaman obat yang dirintis tahun 1995, atau 27 tahun silam, kini tumbuh subur dalam perawatan secara khusus menggunakan pupuk organik padat Bokashi Kotaku dan pupuk hayati EM4 menjadi sumber bahan baku pabrik obat-obatan tradisional.

Bahan baku yang terus tumbuh dan berkembang itu tidak pernah habis dalam memproduksi berbagai jenis obat-obatan antara lain Minyak Oles Bokashi, Bokashi Care, Balsem Bokashi, Minyak Tetes Bokashi, Madu Geruh Bokashi. Madu Rocky, Madu Resi, Madu Jamur, EM SPA, Masker Madu Hitam, Parem Lantik dan krim Saribing.

Pabrik yang berbasis obat-obatan tradisional tersebut lokasinya bersebelahan dengan pabrik PT Songgolangit Persada yang memproduksi EM4 di komplek perkebunan tanaman heebal tersebut.

Peserta pelatihan juga sempat melihat dari dekat proses pengeringan dan pengolahan bahan baku herbal menjadi Minyak Oles Bokashi maupun produk lainnya, sebelum diproses lebih lanjut ke pabrik Pak Oles di Jalan Tukad Balian, Niti Mandala Renon, Denpasar. .  linktr.ee/pakolescom  #EM4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini