Sebanyak 21 murid Taman Kanak-Kanak (TK) Dharmapatni Denpasar yang diantar oleh orang tuanya masing-masing dengan didampingi sejumlah gurunya melakukan kegiatan pembelajaran di luar kelas dengan mengunjungi Pak Oles Green School di Jalan Waribang, Kesiman, Denpasar Timur, Jumat (27/22).

Kunjungan kali ini merupakan yang kedua, karena sebelumnya sudah pernah melakukan kegiatan yang sama dan kedatangan mereka diterima oleh Manajer Pak Oles Green School, Ir. Koentjoro Adijanto yang akrab disapa Pak Yoyok sekaligus memandu dan mengajar anak didik tentang lingkungan dan pertanian organik di luar kelas.

Menurut Ibu Ayu, salah seorang guru TK tersebut, pihaknya sejak dini memperkenalkan kepada anak didik tentang berbagai jenis tanaman yang bermanfaat untuk obat keluarga (toga). Anak didiknya juga diajak membuat pupuk organik dan belajar menanam tanaman obat.

Proses belajar mengajar di dalam kelas yang dilakukan Pak Yoyok menyangkut teori yakni bagaimana cara menyuburkan tanaman dengan menggunakan pupuk organik dari kohe (kotoran hewan) yang difermentasi dengan teknologi Effective Microorganisms (EM4).

Setelah itu dilanjutkan dengan praktek membuat pupuk organik Bokashi yang melibatkan seluruh anak didik dan dilanjutkan dengan kunjungan lapangan untuk melihat dan mengenal dari dekat terhadap puluhan jenis tanaman berkhasiat obat, sekaligus menjadikan anak didik dekat dan cinta dengan alam sekitarnya.

Selain itu anak-anak juga diajak melihat ternak sapi yang dipelihara di atas hamparan seluas 40 are (4.000 meter persegi). Anak-anak dapat berinteraksi dengan member pakan rumput gajah dibawah bimbingan guru dan Yoyok.

Seluruh anak didik TK Dharmapatni Denpasar selesai mengikuti proses belajar mengajar di luar kelas tersebut ditutup dengan makan siang bersama dengan suasana yang penuh dan kekeluargaan.linktr.ee/pakolescom #greenschool

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini