EM4 Untuk Pertanian Berkelanjutan

0
36
I Gusti Ketut Riksa saat menyampaikan materi dalam Seminar Pertanian Organik Dengan Teknologi EM4 melalu zoom.

Pupuk hayati Effective Microorganisms (EM4) pertanian, salah satu dari empat jenis produk PT Songgolangit Persada untuk mendukung pengembangan pertanian berkelanjutan, karena mampu memperbaiki sifat fisik dan biologi tanah.

“EM4 pertanian dalam kemasan botol satu liter warna kuning itu mampu meningkatkan produksi tanaman, menjaga kestabilan produksi  dan menyediakan unsur hara yang dibutuhkan tanaman,” kata Staf Ahli PT Songgolangit Persada, Ir. I Gusti Ketut Riksa.

Ia mengatakan, EM4 yang mengandung bakteri fermentasi dari genus lactobacillus, jamur fermentasi, actinomyctes, bakteri fotosintetik, bakteri pelarut fosfat dan ragi. Semuanya itu bermanfaat untuk memfermentasi bahan organik di dalam tanah menjadi unsur organik, sehingga dapat meningkatkan kesuburan tanah dan produktivitas tanaman.

EM4 pertanian juga dapat dimanfaatkan untuk memfermentasi dan mendekomposisi bahan organik tanah dengan cepat (bokashi). EM4 sangat cocok untuk tanaman perkebunan, hortikultura, padi, palawija karena sifatnya yang tidak beracun dan tidak menimbulkan pencemaran.

EM4 pertanian itu juga dapat dilakukan berbagai jenis aplikasi antara lain untuk membuat pupuk bokashi padat, membuat bokashi cair, membuat ekstrak tanaman obat  (FPE) maupun membuat EM aktif, ujar Gusti Ketut Riksa. linktr.ee/pakolescom #songgolangitpersada #EM4.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini