EM Menjembatani Fisik dan Meta Fisik

0
21
I Gusti Ketut Riksa Staf Ahli PT. Songgolangit Persada, menunjukkan produk EM4 untuk pertanian.

Oleh: Ir. Gusti Ketut Riksa *)
Fiksik adalah sesuatu yang masuk akal sedangkan yang tidak masuk diakal kita katakan meta fisik. Devinisi ini mungkin tidak terlalu persis, hanya sekedar mendekatkannya dengan obyek pembahasan. Kita sering mendengar normal dan para normal, kedua istilah inipun pada saat sekarang kedudukannya masih abu-abu.

Kita tidak bisa menguraikan sesuatu yang hanya dapat ditangkap dengan panca indra dan otak, karena banyak hal yang belum dapat dilihat, didengar termasuk yang belum dapat terpikirkan. Semuanya itu secara berangsur-angsur akan dapat dibuktikan secara ilmiah modern, melalui Ilmu pengetahuan dan teknologi, sekarang umat manusia baru menemukan secuil saja dari rahasia alam, bak sebutir pasir yang ada di lautan.

Sebagai suatu contoh: Satu. Bahwa bau yang tidak sedap akan menghilang dalam waktu singkat apabila dituangi dengan EM (Effektive Microorganisms). Ilmu pengetahuan baru saja membuktikan bahwa amoniak H2S, methan, merkaptan dan berbagai polutan lainnya disinteka oleh bakteri fotosinthetik menjadi zat-zat bio-aktif seperti hormun, enzim, vitamin, antioksidan dan lain-lain, sehinga menjadi zat yang tidak berbau busuk, tidak berwarna sehingga tidak mengganggu manusia lagi, bahkan menjadi barang yang sangat berguna untuk hidup dan kehidupan.

Dua. Radiasi nuklir di Zernobil dan Fukusima dieleminir dan bahkan menjadi tidak berbahaya lagi karena dilingkungannya disiram dengan EM, sebelumnya tak terpikirkan cara penanggulanannya seperti bencana bom atum di Hirosuma dan Nagasaki pada perang dunia II.

Tiga. Garam yang kita makan sekarang sebenarnya kurang sehat karena mudah ter-ion, namun garam yang dibuat dari air laut dalam (lebih dari 200 meter) tidak ter-ion lagi. Keadaan ini ditemukan oleh Prof Higa dengan ditemukannya ”EM Rejuvinating Salt” garam EM ini sangat sehat dikonsumsi dan telah diperdagangkan untuk umum di negeri Sakura.

Empat. Tidak pernah terpikirkan bahwa bakteri Azotobkter yang bersifat aerobik dapat bersimbiose mutualistik dengan bakteri fotosinthetik yang bersifat anaerob dampak mutualistisnya menyebabkan teknologi EM yang sangat populer dewasa ini karena kerjasama ini mampu menekan pathogen dalam tanah menyeimbangkan persediaan mineral, menyuburkan tanah serta dapat meningkatkan produksi pertanian secara kualitas dan kuantitas.

Lima. Obat-obatan herbal sekarang semakin digandrungi yang dulunya dilirik dengan sebelah mata; beralihnya ke organik akibat obat-obatan kimia semakin mahal dan ditenggarai mempunyai dampak negatif, dilain pihak obat-obatan herbal ketersediaan bahan bakunya berlimpah di negara kita. Diketahui pula bahwa tanaman herbal mengandung berbagai fitocemikal yang sangat berguna untuk kesehatan. Lama kelamaan dampak teknologi EM akan merupakan hal yang biasa saja, bukan lagi merupakan mujizat karena apa yang terjadi dengan teknologi EM adalah hukum alam.
*) Staf Ahli PT Songgolangit Persada.linktr.ee/pakolescom #songgolangitpersada #EM4.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini