Pupuk Bokashi Kotaku Tingkatkan Produksi Cengkeh

0
36
Wayan Budarsa petani cengkeh di Desa Pegadungan, Sukasada, Kabupaten Buleleng menunjukkan tanaman cengkeh yang dirawat dengan pupuk Bokashi Kotaku menghasilkan buah yang lebat.

Pupuk organik Bokashi Kotaku adalah kunci dalam meningkatkan kesuburan tanah, sehingga tanaman cengkeh yang mempunyai nilai ekonomis tinggi, pertumbuhan tunas dan daunnya secara maksimal sehingga mampu meningkatkan produksi.

“Tanaman cengkeh memerlukan perawatan sejak dini, mulai dari pembibitan, penanam, pemeliharaan hingga berbuah itu rutin dilakukan pemupukan ,” kata salah seorang petani cengkeh di Desa Pegadungan, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, I Wayan Budarsa.

Pria enerjik yang memelihara ratusan pohon cengkeh yang sedang panen itu menjelaskan, berkat pemupukan menggunakan pupuk organik Bokashi Kotaku, produksi cengkeh di kebunnya lumayan meningkat.

Pupuk organik Bokashi Kotaku produksi PT Songgolangit Persada yang pabriknya berlokasi di Desa Bantas, Kecamatan Selemadeg Timur, Kabupaten Tabanan memiliki 80 jenis mikroorganisme yang sangat baik untuk meningkatkan kesuburan tanah.

Sementara Manajer Pak Oles Green School Ir. Keontjoro Adijanto menambahkan, keberadaan bahan organik dalam tanah terhadap tanaman dapat memacu pertumbuhan tanaman karena mengandung auksin dan hormon pertumbuhan, meningkatkan retensi air yang dibutuhkan bagi pertumbuhan tanaman, menyuplai energi bagi organisme tanah, dan meningkatkan organisme saprofit dan menekan organisme saprofit, serta menekan organisme parasit bagi tanaman.

Dengan demikian sangat penting memberian pupuk organik padat Bokashi Kotaku terhadap kesuburan tanah. Bahan organik mempunyai daya serap kation yang lebih besar daripada kaloid tanah yang liat. Penggunaan pupuk organik Bokashi sebagai pupuk organik pada tanaman sangat diperlukan karena bahan organik menggantikan unsur hara tanah, memperbaiki fisik tanah dan meningkatkan kemampuan tanah dalam mengikat unsur hara.

Pupuk Bokashi mampu mendukung usaha pertanian, meningkatkan produktivitas tanah dan tanaman. Bokashi Kotaku adalah pupuk organik padat yang diproses dengan teknologi Effevtive Microorganisms (EM), fermentasi sempurna sehingga menghasilkan pupuk ramah lingkungan dengan kandungan makro dan mikro yang lengkap, serta mengandung mikroba alami yang sangat bermanfaat untuk kesuburan tanah.

Bokashi Kotaku, pupuk organik padat sangat cocok untuk semua jenis tanaman perkebunan, hortikultura dan jenis tanaman padi. Produksi pupuk organik tersebut menggunakan bahan baku dari limbah pertanian, kotoran sapi dan ayam.linktr.ee/pakolescom #songgolangitpersada #EM4.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini