Pupuk Organik Penting Untuk Pertumbuhan Alpukat

0
12
Koentjoro Adijanto mengamati pertumbuhan tanaman alpukat premium jenis Hass yang dikembangkan secara organik.

Oleh: Ir. Koentjoro Adijanto *)
Pupuk organik/bokashi sangat diperlukan pada tanaman alpukat, karena merupakan jenis tanaman buah yang membutuhkan lebih banyak nutrisi makro dan mikro dibandingkan tanaman bunga atau jenis pepohonan daun lainnya.

Berbagai hasil penelitian mengindikasikan bahwa, sebagian besar lahan pertanian intensif menurun produktifitasnya dan telah mengalami degradasi lahan, terutama terkait dengan sangat rendahnya kandungan karbon organik dalam tanah, yaitu 2%.

Padahal untuk memperoleh produktifitas optimal membutuhkan karbon organik sekitar 2,5%. Pupuk bokashi sangat bermanfaat untuk meningkatkan produksi pertanian, baik kualitas maupun kuantitas, mengurangi pencemaran lingkungan dan meningkatkan kualitas lahan secara berkelanjutan.

Keunggulan pupuk bokashi memiliki kandungan unsur hara yang cukup dan mudah diserap akar tanaman, mengandung effective mikroorganisme (bakteri yang menguntungkan) yang bermanfaat untuk menekan pertumbuhan patogen dalam tanah.

Selain itu juga sangat membantu menghidupkan kembali mikroba-mikroba di dalam tanah, mikroba sendiri berguna untuk memudahkan melakukan proses pembentukan bahan-bahan organik di dalam tanah.

Keunggulan lainnya pupuk bokashi adalah membantu menggemburkan tanah, sehingga tanah tidak lengket disaat basah dan tidak keras disaat tanah kering, dengan diberikannya bokashi, struktur tanah akan gembur dan bisa menyimpan air lebih lama. Sehingga tanaman bisa tumbuh dengan baik dan diharapkan bisa meningkatkan hasil panen. EM pelopor pertanian organik di Indonesia.

*) Manajer Pak Oles Green School. linktr.ee/pakolescom #songgolangitpersada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini