Mahasiswa Unwar Sosialisasikan Pupuk Organik Manfaatkan EM

0
29
Perwakilan mahasiswa Universitas Warmadewa yang sedang melakukan PKL di Desa Ubung Kaja, Denpasar foto bersama di kantor pemasaran PT Songgolangit Persada.

Sejumlah mahasiswa dari Fakultas Pertanian, Ekonomi, Hukum dan berbagai disiplin ilmu lintas Universitas Warmadewa (Unwar) Denpasar melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Ubung Kaja, Kecamatan Denpasar Utara serangkaian kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilaksanakan lembaga pendidikan tinggi swasta tersebut.
Pengabdian masyarakat untuk mentransformasikan ilmu yang diperolehnya di bangku kuliah kepada masyarakat Desa Ubung Kaja menyangkut pembuatan pupuk organik dan sosialisasi pemilahan sampah organik rumah tangga dengan memanfaatkan teknologi Effective Microorganisms (EM).

Mereka sebelum melaksanakan kegiatan KKN sempat bertemu dengan Staf Ahli PT Songgolangit Persada, Ir. I Gusti Ketut Riksa dan Manajer Pak Oles Green School, Ir. Keontjoro Adijanto yang akrab disapa Yoyok di Kantor Pemasaran PT SLP Cabang Bali Jl. Letda Kajeng No.21 Denpasar. Gusti Ketut Riksa maupun Yoyok sempat menjelaskan kepada mahasiswa tersebut tentang teknologi EM yang ditemukan oleh Prof. Dr. Teruo Higa, guru besar bidang hortikultura Universitas Ryukyus, Okinawa, Jepang. Ia melakukan penelitian dibantu para mahasiswa selama 12 tahun (1968-1980).

EM adalah teknologi yang mudah, murah, hemat energi, ramah lingkungan dan berkelanjutan kini telah diterapkan oleh ratusan negara di belahan dunia, termasuk Indonesia. Di Indonesia satu-satunya yang mendapat lisensi dari EM Research Organization (EMRO) untuk mengembangkan teknologi EM adalah PT Songgolangit Persada.
Effective Microorganisms mengandung bakteri fermentasi yang berguna untuk memfermentasi bahan organik di dalam tanah menjadi unsur organik, meningkatkan kesuburan tanah dan produktivitas tanaman. EM merupakan produk organik, aman, untuk pertanian berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Mahasiswa lintas fakultas Universitas Warmadewa tersebut pada kesempatan itu juga membeli sejumlah EM dalam kemasan botol yang digunakan untuk aflikasi membuat pupuk organik dan pemilahan sampah organik untuk mempercepat proses kehancuran menjadi pupuk organik. linktr.ee/pakolescom #songgolangitpersada #EM4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini