Pak Oles Green School Kenalkan EM Pada Anak Usia Dini

0
56
Sejumlah murid TK An-Nur melakukan foto bersama saat belajar ke Pak Oles Green School.

Pak Oles Green School (POGS) di Jalan Waribang Kesiman, Denpasar Timur menerapkan konsep penataan lingkungan alam terbuka di atas hamparan seluas 40 are (4.000 meter persegi) untuk memperkenalkan lingkungan pertanian, tanaman obat dan teknologi Effetive Microorganisms (EM) kepada anak didik sejak usia dini.

“Murid dari berbagai jenjang pendidikan mulai Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) terutama dari Kota Denpasar dan sekitarnya belakangan ini senang mengajak anak didiknya belajar di alam terbuka,” kata Manajer Pak Oles Green Ir. Koentjoro Adijanto yang akrab disapa Pak Yoyok.

Yoyok mengatakan hal itu seusai memandu 48 murid TK An-Nur di Jalan Diponorogo Denpasar yang diantar oleh lima orang gurunya dipimpin Kepala Sekolah Ibu Dian. Murid TK tersebut sejak usia dini diperkenalkan berbagai jenis tanaman obat beserta khasiatnya.

Para murid TK yang datang diantar oleh orang tuanya masing-masing diterima di ruang pertemuan. Yoyok dengan membawa potongan dari ranting sejumlah tanaman herbal menjelaskan kepada anak-anak usia dini itu tentang nama tanaman herbal tersebut beserta manfaatnya.

Demikian pula proses penanam tanaman herbal menggunakan pupuk organik dari kotoran ternak sapi yang difermentasi dengan teknologi Effective Microorganisme (EM4) sehingga tanaman tumbuh subur lingkungan menjadi rindang dan lestari.

Yoyok untuk cepat bisa akrab dengan lawan bicaranya memanggil tiga orang murid untuk maju ke depan sambil memperkenalkan namanya masing-masing. Setelah itu menanyakan tentang cita-citanya, namun satupun tidak ada yang tertarik menjadi petani untuk mengembangkan tanaman herbal, karena mereka kebanyakan bercita-cita kelak bisa menjadi Polisi dan TNI.

Setelah menjelaskan tentang tanaman obat dan masing-masing khasiatnya, ia mengajarkan anak-anak TK itu memasukkan pupuk organik padat ke dalam polybag untuk selanjutnya ditanami tanaman obat yang sudah disiapkan.

Tanaman obat dalam polybag yang dibuat tersebut selanjutnya dihadiahkan kepada seluruh murid TK yang bisa dibawa pulang ke rumah masing-masing, dengan harapan dapat dipelihara dengan baik. linktr.ee/pakolescom #EM4 #songgolangitpersada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini