Cangkang Telur Sentuhan EM4 Jadi Nutrisi Untuk Tanaman

0
123
Kandungan kalsium pada cangkang telur cukup tinggi bermanfaat sebagai sumber nutrisi pada tanaman.

Cangkang telur merupakan salah satu limbah rumah tangga yang jarang dipandang potensinya. Cangkang telur biasanya hanya akan dibuang dan tidak dimanfaatkan lagi karena dinilai sebagai limbah yang tidak berguna.

Sifat fisik cangkang telur yang keras, beraroma amis juga semakin membuat cangkang telur tidak diminati untuk diolah. Selain itu, cangkang telur juga mengandung garam yang tinggi serta senyawa organik dalam telur dikhawatirkan dapat mencemari lingkungan akibat aktivitas mikroba di dalamnya.

Namun, kandungan kalsium pada cangkang telur cukup tinggi dan dapat bermanfaat sebagai sumber nutrisi pada tanaman. Cangkang telur  memiliki kandungan fosfor yang cukup dapat bermanfaat untuk tanaman.

Salah satu pemanfaatan cangkang telur yakni mengolah cangkang telur menjadi pupuk organik cair. Kandungan kalsium pada cangkang telur yang cukup besar dapat dimanfaatkan sebagai sumber nutrisi bagi tanaman.

Kalsium merupakan suatu zat yang berperan penting dalam membentuk  struktur tubuh, tulang, dan gigi pada manusia dan hewan serta dinding sel pada tanaman.

Peran kalsium lain khususnya pada tanaman antara lain, menebalkan dinding sel, meningkatkan pemanjangan sel akar, kofaktor proses enzimatis dan hormonal, pelindung dari cekaman panas, hama, dan penyakit.

Cara membuat pupuk organik dari cangkang telur (1). Bersihkan cangkang telur yang akan dibuat pupuk. (2). Sterilkan cangkang telur dengan memasukkan ke dalam air panas. (3). Keringkan cangkang telur dengan cara menjemur di bawah siniar matahari.

(4). Tumbuk cangkang telur hingga menjadi serpihan halus. (5). Campurkan cangkang telur dengan air ke dalam botol bekas. (6). Tambahkan gula jawa dan EM4 dengan perbandingan 1:1 ke dalam botol. (7). Tutup botol bekas dan campurkan pupuk dengan cara mengocok botol.

(8). Diamkan selama 10-14 hari untuk memaksimalkan proses
fermentasi. (9). Bila perlu, sesekali buka tutup botol bekas supaya gas yang ditimbulkan selama proses fermentasi dapat keluar. Cara lain juga dapat langsung menaburkan serpihan cangkang telur di atas tanaman. Seperti yang diulas web pertanian.ngawikab.go.id.https://linktr.ee/em4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini