Pertanian Organik Semakin Ngetren Hasilkan Pangan Sehat

0
108
Seorang pekerja sedang memanen buah cabai yang dibudidayakan secara organik menggunakan produk EM4 di Sulham Farm, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Hasil pertanian organik berbasis teknologi Effective Microorganisms (EM) menjadi semakin ngetren untuk menghasilkan bahan pangan yang sehat, sehingga produk apapun yang dihasilkan dari pertanian ramah lingkungan tanpa sentuhan bahan kimia akan mampu menghasilkan uang.

Produk pertanian organik yang mempunyai nilai ekonomis lebih tinggi, dibanding hasil pertanian secara umum juga mendukung industri makanan, minuman dan kosmetik, meskipun harganya lebih tinggi tidak menjadi masalah pasti dibeli oleh konsumen.

Bahkan sejumlah negara maju seperti Korea sengaja mengintensifkan pengembangan pertanian organik untuk mendukung memajukan industri kosmetik dengan sasaran kaum milenial, kata pakar pertanian organik, Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr yang juga Direktur Utama PT Songgolangit Persada, Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr.

Alumnus Faculty Agriculture University Of The Ryukyus Okinawa, Jepang yang merupakan agen tunggal untuk memproduksi dan menjual Effective Microorganisms 4 (EM4) ke seluruh daerah di Indonesia yang mendapat lisensi dari EMRO Jepang.

Berkat terobosan yang dilakukan industri kosmetik Korea, termasuk mendaur ulang produk-produk yang sudah tua yang tidak diminati konsumen, ternyata membuahkan hasil yang gemilang, karena produknya mampu menembus negara lain seperti Prancis.

Apapun produk yang dihasilkan dari pertanian organik akan laris di pasaran, karena masyarakat dan konsumen mulai menyadari bahan pangan organik mampu mendukung kesehatan dan meningkatkan umar harapan hidup manusia yang lebih panjang.

Dr. Wididana setelah menyelesaikan pendidikan sarjana (S-1) di Fakultas Pertanian Universitas Udayana langsung melanjutkan pendidikan pasca sarjana (S-2) di Faculty Agriculture University of The Ryukyus Okinawa Jepang (1987-1990).

Sarjana pertanian sebaiknya menambah keterampilan melalui kursus singkat berbasis ilmu terapan, magang atau sambil kerja pada sore hari atau melalui program Pasca Sarjana (S-2) akan mampu mendalami ilmu terapan, marketing maupun masalah sosial untuk bisa mengantarkan menjadi tenaga ahli.

Tenaga ahli dengan pendidikan yang latarbelakang pertanian angat diperlukan perusahaan lain seperti asuransi, bank dan badan usaha lainnya sehingga mampu menghasilkan uang dari menjual pengalamannya. Pertanian adalah kunci sukses menghasilkan berbagai produk, siapa yang mengetahuan hasil penelitian akan menjadi ahli, misalnya bagaimana hidup sehat dan membuat kualitas lingkungan menjadi lebih bagus.

Microorganisme Bekerja Dalam Tanah

Dr. Wididana yang belajar tentang EM di Jepang langsung dari penemunya Prof. Dr. Teruo Higa, guru besar bidang Hortikultura University Of The Ryukyus Okinawa, Jepang menjelaskan, mikroorganisme yang menguntungkan bekerja di dalam tanah dengan cara memfermentasi bahan organik menghasilkan asam organik, hormon tanaman, vitamin dan antibiotik.

Produk fermentasi tersebut sangat bermanfaat untuk menumbuhkan tanaman, dengan cara melarutkan nutrisi yang susah larut, misalnya batu fosfat; memecah logam berat yang mencegah terserapnya oleh akar tanaman.

Selain itu menyediakan molekul organik sederhana sehingga bisa diserap langsung oleh tanaman, misalnya asam amino; mencegah tanaman dari serangan penyakit, hama serangga yang penyebarannya melalui tanah.

Upaya itu memacu pertumbuhan tanaman sehingga dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas produksi tanaman, meningkatkan kesuburan dan fisika tanah. Dengan fungsi mikroorganisme yang menguntungkan tersebut, tanah akan menjadi subur dan tanaman berproduksi optimal.

Dewasa ini EM digunakan dalam banyak bidang, seperti pertanian, peternakan, perikanan, pengolahan limbah. Masalah bau pada limbah, dan pada kotoran ternak dapat dihilangkan. Penggunaan EM berkembang sangat luas, karena efektif, mudah digunakan, ekonomis, hemat energi, ramah lingkungan, dan dangan tepat digunakan untuk pertanian alami untuk kesejahteraan umat manusia sekarang dan hari esok.https://linktr.ee/em4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini