Bokashi Kotaku-EM4 Jadikan Bibit Tumbuh Sehat

0
128
Proses pembibitan tanaman cabai menggunakan media pupuk organik Bokashi Kotaku dan Effektive Microorganisms 4 (EM4).

Keunggulan menggunakan pupuk organik padat Bokashi Kotaku dan Effective Microorganism (EM4) menjadikan berbagai jenis bibit yang ditanam tumbuh menjadi lebih sehat.

Aneka jenis pepohonan tubuh subur, daunnya lebih hijau, jarang patah dan pertumbuhannya lebih cepat. Media taman merupakan sesuatu yang penting sebagai tempat benih atau biji berkecambah.

Media tanam harus terjamin mulai dari ketersediaan nutrisi, kelembaban dan struktur baik. Media persemaian yang alami terdiri atas campuran tanah dan Bokashi atau bahan-bahan organik yang telah terfermentasi dengan EM4 sehingga mengandung nilai hara yang tinggi.

Demikian pula ketersedian air juga harus mencukupi sehingga kelembaban terjaga. Oleh sebab itu dalam membuat media taman masukan campuran tanah subur dengan Bokashi Kotaku perbandingan 1: 1 ke dalam bedengan dengan ketebalan antara 5-7 cm.

Hal itu merupakan ketebalan yang optimum, kemudian siram bedengan tersebut serta taburkan benih yang akan ditanam. Jangan lupa membuat tiang penyanggah untuk menutup atapnya bisa dengan paranet atau plastik berwarna terang.

Biasakan menggunakan plastik atau dengan buka tutup menghindari hujan dan benih tersebut biasanya sawi, chesin, salada dan lain-lain.https://linktr.ee/em4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini