Prof. Dr. Teruo Higa saat memberi kata sambutan pada webinar memperingati ‘World Microbiome Day'.

Prof. Dr. Teruo Higa mengungkapkan, Effective Microorganisms (EM), teknologi yang mudah, murah, hemat energi, ramah lingkungan dan berkelanjutan dapat diaplikasikan pada semua aspek kehidupan.

“EM dapat menghasilkan bahan yang memiliki fungsi antioksidan yang mirip dengan steroid (obat anti radang) yang mampu meningkatkan produksi vitamin untuk kekebalan tubuh,” kata Prof. Dr. Teruo Higa, Guru Besar University of The Ryukyus Okinawa, Jepang yang juga penemu EM yang kini diterapkan di berbagai negara di belahan dunia.

Ia mengatakan hal itu pada pemaparan mengawali Webinar Series mengusung tema “An Earth Saving Revolution” memperingati ‘ World Morldmicrobiome Day’ yakni hari Mikrobioma sedunia yang jatuh setiap 27 Juni dengan dipandu moderator Direktur Utama PT Songgolangit Persada, Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr baru-baru ini.

Dalam Webinar selama dua hari, 23-24 Juni 2023 itu menampilkan sembilan pembicaran yakni ilmuwan dari Universitas Indonesia, Firdaus Ali, MSc, PhD, Cid Simoes, B.Ag Ambiem ltda (Brasil), Toru Koshoji, B.Ag, (Thailand, EMRO Asia), Ir. Wayan Agus Edhy (Universitas Gajah Mada, Yogyakarta), Gary Geson (AMRO Institute). Kepala Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) RI Dr. Penny K. Lukito, MCP, Prof. Dr. Subijanto M.S,Sp.A (K) (Universitas Airlangga), Dr. Dr. Anna Surgean Veterini, Sp.An.KIC (Universitas Airlangga) dan Dr. Tjie Kok, S.Si.,M.Si., Apt (Universitas Surabaya).

Dr. Teruo Higa melakukan penelitian selama 12 tahun (1968-1980) itu menjelaskan, EM juga mampu melindungi hewan ternak dari virus flu burung dan virus demam babi. Penelitian membuktikan penggunaan EM bereplikasi secara cepat untuk menghambat pertumbuhan mikroba patogen, menghasilkan vitamin-vitamin dan nutrisi lainnya yang dapat mencegah masuknya mikroorganisme patogen.

Jadi dalam kehidupan sehari-hari perlu memanfaatkan probiotik EM untuk menjaga kesehatan dan hidup bebas dari penyakit. Indonesia yang berpenduduk 273 juta jiwa, jika sebagian besar menerapkan gaya hidup dengan aplikasi probiotik EM, maka lingkungan dan kesehatan menjadi lebih baik.

Indonesia memproduksi EM4 pertanian, EM4 peternakan, EM4 perikanan dan EM4 mengatasi limbah oleh PT Songgolangit Persada serta Probiotik PRO EM1, suplemen kesehatan minuman segar produksi PT. Agro Mitra Alimentare (AMA) Malang, Jawa Timur.https://linktr.ee/em4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini